Menristek Bambang Brodjonegroro. Foto: Zoom
Menristek Bambang Brodjonegroro. Foto: Zoom

Riset Indonesia-Inggris Prioritas untuk Penanganan Covid-19

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 05 Agustus 2020 13:55
Jakarta: Menristek/Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Bambang Brodjonegero menyebut, pada dasarnya kemitraan riset dan inovasi antara Indonesia-Inggris tidak terbatas pada satu bidang. Namun dalam perpanjangan kerja sama 2020-2025, salah satu yang bakal menjadi prioritas riset adalah bidang kesehatan, khususnya penanggulangan virus covid-19.
 
“Secara lebih spesifik kami mengusulkan kerja sama ke depan dapat difokuskan, pada riset bidang kesehatan. Khususnya untuk percepatan penanggulanan covid-19, baik terkait pembuatan vaksin, obat, maupun alat kesehatan,” kata Bambang dalam sambutan penandatanganan nota kesepahaman Research and Innovation Partnership secara daring, Rabu, 5 Agustus, 2020.
 
Lebih lanjut Bambang menyampaikan, bahwa telah sepakat dengan Menteri Ilmu Pengetahuan, Riset, dan Inovasi Inggris, Amanda Solloway untuk terus mendukung kerja sama yang sudah berjalan selama ini. Selain bidang kesehatan, fokus lainnya adalah Energi Baru dan Terbarukan, serta tranportasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Di pihak kami menekankan perlunya beberapa fokus, karena sedang mengalami maka perhatian fokus pada pandemi tetap menjadi bagian penting, meski tidak menutup potensi riset di bidang lainnya,” ujarnya.
 
Baca juga:Kemitraan Riset dan Inovasi Indonesia-Inggris Diperpanjang Hingga 2025
 
Amanda menyampaikan, bahwa kemitraan ini sangat penting bagi kedua negara. Khususnya untuk menghadapi tantangan-tantangan global, salah satunya yang sedang terjadi di seluruh negara adalah pandemi covid-19.
 
“Krisis virus korona mengingatkan kita betapa terhubungnya kita satus sama lain di dunia ini, namun kita juga diingatkan betapa rapuhnya kita oleh pandemi ini,” jelasnya.
 
Karena itu, kata dia, perlu adanya kerja sama dalam mengatasi tantangan global saat ini. “Tidak hanya virus korona, tetapi juga tantangan global lainnya, walaupun penanganannnya juga penting,” ujarnya.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif