Robot buatan Undip yang dihibahkan ke Pemkot Semarang mulai digunakan. Foto: Undip/Humas
Robot buatan Undip yang dihibahkan ke Pemkot Semarang mulai digunakan. Foto: Undip/Humas

Robot Buatan Undip Mulai 'Bertugas' di Pemkot Semarang

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian Perguruan Tinggi UNDIP
Arga sumantri • 12 Mei 2021 17:03
Semarang: Robot kreasi Tim Universitas Diponegoro (Undip) resmi melakukan tugas pelayanan di Pemerintah Kota Semarang sejak Senin, 10 Mei 2021. Dua unit robot Undip akan berfungsi sebagai Robot Pelayanan Publik dan Robot Layanan Kesehatan, serta Penjernih Udara Teknologi Plasma (Zeta Green).
 
Robot ini jadi hibah Undip untuk Pemkot Semarang. Rektor Undip Yos Johan mengatakan bahwa purwarupa tersebut merupakan hasil pengembangan robot yang dilakukan Undip, seperti Robot Wisuda. Dari hasil pengembangannya, robot yang merupakan generasi ketiga ini memiliki kualifikasi yang lebih baik. 
 
"Ini (bentuk) komitmen kami untuk membantu Pemerintah Kota Semarang lebih hebat lagi," kata Yos Johan mengutip siaran pers Undip, Rabu, 12 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wali Kota Semarang, Hendar Prihadi menyambut baik upaya Undip membantu Pemkot, khususnya terkait pelayanan publik melalui pengembangan teknologi digitalisasi. Hendi menceritakan, dulu di masa kecil kita kalau sering menonton film robot, banyak yang kagum dan membayangkan hal itu.
 
"Hari ini robot sudah banyak digunakan di dunia, termasuk di Kota Semarang. Kami sudah menggunakan robot untuk hal-hal yang sifatnya membantu pelayanan publik," ungkap Hendi.
 
Baca: Peneliti Unej Kembangkan Varietas Padi Baru Berbasis Plasma Nutfah
 
Keberadaan robot dalam pelayanan masyarakat, kata dia, sangat membantu. Apalagi dalam kondisi pandemi covid-19. Robot hasil riset teman-teman Undip ini bisa dipakai untuk salah satu bentuk pelayanan publik dan meminimalisasi pelayanan kontak sentuhan secara langsung kepada masyarakat.
 
"Matur nuwun kita mendapat hibah robot dari Undip. Mudah-mudahan masih ada hal–hal yang lain yang dilakukan Undip khususnya untuk kemajuan Kota Semarang," kata Hendi.
 
Satu Robot Pelayanan Publik akan ditempatkan di Lobi Kantor Wali Kota. Sebab, di tempat ini banyak orang datang mengajukan proposal. "Supaya mengurangi kontak langsung kita pakai robot," ujar Hendi.
 
Satu robot lainnya, ditempatkan di Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Semarang. Lokasi ini banyak orang mengajukan izin. Sedangkan Robot Layanan Kesehatan akan di tempatkan di Rumah Sakit Wongsonegoro Kota Semarang untuk mendukung pelayanan kesehatan.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif