Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Ini Manfaat Ikut Penelitian Uji Klinis Vaksin Covid-19

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 28 Juli 2020 14:42
Jakarta: Universitas Padjajaran (Unpad) telah membuka pendaftaran peserta penelitian uji klinis vaksin virus korona (covid-19) tahap ketiga. Ketua tim riset uji klinis vaksin covid-19 Unpad Kusnandi Rusmil menyebut ada beberapa keuntungan yang didapatkan peserta.
 
Salah satunya adalah peserta mendapatkan pemeriksaan usap tenggorakan dan rapid test covid-19 secara gratis. Sementara, peserta yang bisa mendapatkan vaksin SARS-coV-2 atau plasebo berupa water injection, akan dilakukan secara acak.
 
"Peserta dalam penelitian mungkin akan mendapatkan manfaat kekebalan terhadap penyakit covid-19. Bagi yang menerima plasebo akan mendapatkan vaksinasi SARS-coV-2 setelah vaksin didaftarkan," kata Kusnandi dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 28 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kusnandi menyampaikan ada kemungkinan peserta tidak mendapatkan manfaat kekebalan terhadap penyakit covid-19. Makanya, peserta diminta tetap melaksanakan protokol kesehatan.
 
"Perlu tetap menerapkan physical distancing dan protokol pencegahan lainnya," jelasnya.
 
Baca:Pakar UGM Beberkan Tujuan Uji Klinis Vaksin 'Tiongkok' di Indonesia
 
Masa penelitian dilakukan sekitar tujuh bulan, kesehatan peserta terus dipantau oleh petugas penelitian secara teratur. Ada lima kali kunjungan penelitian. Peserta pun akan mendapatkan asuransi kesehatan.
 
"Kesehatan Anda akan dipantau secara teratur selama jalannya penelitian (hingga enam bulan setelah pemberian vaksin terakhir), dan dilindungi dengan asuransi kesehatan," ujarnya.
 
Pendaftaran peserta uji klinis dibuka hingga 31 Agustus 2020. Pendaftaran bisa dilakukan dengan menghubungi Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RSUP Hasan Sadikin Bandung di telepon 022 - 2034471 atau whatsapp 08112214235.
 
Unpad menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang ditunjuk PT Bio Farma sebagai pelaksana uji klinis vaksin covid-19 di Indonesia. Vaksin yang dikembangkan perusahaan asal Tiongkok, Sinovac, ini rencananya akan diuji klinis pada awal Agustus 2020 dan ditargetkan bisa digunakan oleh masyarakat pada Januari 2021.
 
Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Unpad, Kusnandi Rusmil, menjelaskan Unpad sudah lebih dari 20 tahun melakukan penelitian dan pengujian mengenai vaksin. Atas dasar pengalaman ini, Bio Farma memercayakan Unpad ambil bagian dalam riset pengujian klinis vaksin covid-19.
 

(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif