European Research Days Indonesia 2021. Tangkapan layar webinar.
European Research Days Indonesia 2021. Tangkapan layar webinar.

ERD 2021 Buka Peluang Kolaborasi Penelitian Indonesia-Uni Eropa

Pendidikan penelitian indonesia-uni eropa Riset dan Penelitian
Arga sumantri • 29 November 2021 15:28
Jakarta: Kegiatan European Research Days (ERD) Indonesia 2021 resmi dibuka. Ajang tahunan ini bakal menyediakan informasi tentang peluang bagi para peneliti dan ilmuwan di Indonesia untuk bekerja sama dengan peneliti di Eropa.
 
Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam, Vincent Piket, mengaku sangat senang menyambut para peneliti Indonesia di ERD Indonesia 2021. Ia berharap kegiatan ini dapat memberi informasi berkualitas tentang peluang kerja sama riset dan penelitian antara Indonesia dan Uni Eropa.
 
"Riset dan inovasi jadi aktivitas global yang membutuhkan kerja sama internasional berbagai pihak," kata Piket dalam webinar ERD Indonesia 2021, Senin, 29 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Piket mengatakan, saat ini dunia global dihadapkan dengan beragam isu dan permasalahan. Mulai dari pandemi covid-19, perubahan iklim ekstrem, hingga transisi menuju energi terbarukan. Sederet isu dan permasalahan ini tak bisa ditangani sendirian, melainkan butuh kerja sama lintas pihak.
 
"Semua institusi di Uni Eropa sedang berjuang menjawab isu dan permasalah ini. Bahkan, pendanaan sebesar 1,5 Miliar Euro digelontorkan untuk penelitian," ungkapnya. 
 
Baca: Manfaat Besar Katalis Organik Temuan Penerima Nobel Kimia 2021
 
Ia mengatakan, peneliti Indonesia punya rekam jejak baik terkait kolaborasi penelitian dengan Eropa. Ia menyebutkan, dari 204 peneliti indonesia dalam program Horizon Europe, sebanyak 28 proyek sudah disepakati mendapat pendanaan. "Ini adalah suatu tingkat kesuksesan sangat baik, yakni 14 persen," ujarnya.
 
Piket yakin Indonesia dan Uni Eropa akan mendapat manfaat baik lewat kegiatan kolaborasi penelitian ini. Ia juga berharap event yang digelar secara virtual ini bisa membantu menyebarkan informasi kepada audiens yang lebih luas dan menyentuh peneliti di seluruh indonesia. 
 
"Kita perkuat kerja sama Uni Eropa dan Indonesia untuk menanganai permasalahan global," ungkapnya.
 
Indonesia menyambut baik kolaborasi penelitian dengan Uni Eropa. Deputi Pengembangan Sumberdaya Manusia di Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Edy Giri Rachman Putra mengatakan, kolaborasi penelitina Indonesia dan Eropa akan memberikan banyak manfaat baik untuk menangani permasalahan yang ada.
 
"Saya berharap kegiatan hari ini akan terus membantu perkembangan peneliti Indonesia dengan mengembangkan kolaborasi, untuk mempercepat pertumubuhan di Indonesia dan dunia," ujar Edy.
 
Baca: Dosen ITB Kembangkan Teknologi Baterai Berbasis Nikel
 
European Research Days (ERD) merupakan ajang tahunan, yang menyediakan informasi tentang peluang bagi para peneliti dan ilmuwan di Indonesia untuk bekerja sama dengan peneliti di Eropa. Selama berlangsungnya ERD 2021, perwakilan organisasi Eropa terkemuka akan menunjukkan keunggulan penelitian Eropa, beserta berbagai program pendanaan dan peluang untuk berkolaborasi di bidang penelitian. Dengan tema ‘Eropa-Indonesia: Mitra dalam Penelitian dan Inovasi’, ERD 2021 ini akan diselenggarakan mulai 29 November hingga 3 Desember 2021.
 
ERD 2021 diselenggarakan oleh Uni Eropa dan negara-negara anggotanya, bekerjasama dengan Pemerintah Republik Indonesia, Marie Sklodowska-Curie Actions, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dana Ilmu Pengetahuan Indonesia (DIPI), dan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI).
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif