Penandatanganan nota kesepahaman UGM dengan Kemenhub. Foto: UGM/Humas.
Penandatanganan nota kesepahaman UGM dengan Kemenhub. Foto: UGM/Humas.

UGM dengan Kemenhub Kembangkan Aerotropolis di Kawasan IKN Baru

Pendidikan Pendidikan Tinggi Ibu Kota Baru Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 08 Juni 2021 14:55
Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sepakat bekerja sama mengembangkan Aerotropolis di wilayah sekitar Ibu Kota Negara (IKN) baru. Kerja sama ditandai penandatanganan nota kesepahaman bersama.
 
Kepala Balitbanghub Kemenhub Umar Aris mengatakan lewat kerja sama ini, masing-masing pihak akan memanfaatkan potensi, keahlian dan fasilitas yang dimiliki dalam rangka penyelenggaraan pengembangan Aerotropolis di wilayah sekitar IKN baru. Selain itu, juga menggali potensi kolaborasi ke depan baik dalam aspek penelitian, penyediaan, maupun pengembangan SDM.
 
"Sebelumnya antara UGM dan Balitbanghub Kemenhub telah melakukan kerja sama bidang tridarma, pengembangan SDM dan teknologi transportasi," kata Umar mengutip siaran pers UGM, Selasa, 8 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengungkapkan Balitbanghub Kemenhub memiliki tugas melakukan penelitian dan pengembangan transportasi di Tanah Air, termasuk transportasi udara. Pihaknya terus mengupayakan penelitian untuk menjawab berbagai persoalan dan tantangan di bidang transportasi di Indonesia sekaligus memberikan rekomendasi dalam pengambilan keputusan yang solutif dan bermanfaat bagi bangsa.
 
Baca: Peserta PPDB SMP di Surabaya Jalur Penghafal Kitab Suci Jalani Tes
 
Berbagai penelitian di bidang strategis telah dilakukan terkait keamanan transportasi, konektivitas dan aksesibilitas, pengembangan transportasi, sistem transportasi ibukota negara baru, pengembangan transportasi di dearah 3T, peningkatan SDM dan kelembagaan transportasi dan lainnya.
 
"Kemajuan transportasi membutuhkan inovasi dan sinergi antar stakeholder melalui pendekatan pentahelix sehingga perlu kolaborasi antara akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, serta media. Harapannya melalui kesepahaman bersama ini bisa terjalin kerja sama yang sinergis dan implementatif," tuturnya.
 
Sementara, Rektor UGM Panut Mulyono menyambut baik kerja sama yang akan dilakukan dalam pengembangan Aerotropolis di wilayah sekitar Ibu kota Negara Baru. UGM bisa memberikan berbagai hal yang dimiliki dalam pengembangan perhubungan di Indonesia.
 
Baca: Pemilihan Rektor Unkhair Diharapkan Berjalan Lancar dan Akuntabel
 
Menurutnya, semakin maju sebuah negara, maka mobilitas masyarakatnya juga akan semakin meningkat. Meskipun mobilitas masyarakat saat ini dibatasi karena adanya pandemi, tetapi ke depan pergerakan manusia akan berjalan semakin intens.
 
"Di sini peran perhubungan sangat luar biasa karena persoalan kenyamanan, keamanan, dan ketepatan transportasi  menjadi hal yang penting," jelas Panut.
 
Makanya, kata dia, penelitian terkait persoalan transportasi di lapangan harus terus dilakukan secara kontinu. Perkembangan teknologi yang semakin cepat menuntut pula penyesuaian cepat dalam pemanfaatan teknologi di bidang transportasi. 
 
"UGM berterima kasih atas kerja sama ini dan harapannya kerja sama bisa terus dilakukan untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi perhubungan masyarakat tanah air. Dengan kolaborasi berbagai pihak maka kemajuan bisa diraih bangsa dalam menatap  masa depan," terang Panut.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif