Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah di MGN Summit Indonesia 2021
Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah di MGN Summit Indonesia 2021

Pusat Unggulan CCS, Aksi Nyata ITB Tekan Emisi Karbon Dioksida

Pendidikan inovasi Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian ITB Media Group News Summit Indonesia 2021
Ilham Pratama Putra • 28 Januari 2021 14:37
Jakarta: Institut Teknologi Bandung (ITB) mendirikan pusat unggulan Carbon Capture and Storage (CCS). Di CCS nantinya, para peneliti akan diberikan fasilitas untuk mengembangkan teknologi yang mampu mengurangi masalah emisi karbon dioksida.
 
"Jadi kita tidak secara teori saja mengurangi. Harapannya CCS ini menghasilkan teknologi yang high eficiency system untuk menjadi solusi pengurangan dalam masalah peningkatan emisi karbon dioksida," kata Rektor ITB, Reini Wirahadikusumah dalam Media Group News Summit Indonesia 2021, Kamis 28 Januari 2021.
 
Dia mengatakan, CCS menjadi bentuk komitmen ITB dalam mengurangi emisi. Lebih lanjut, emisi yang diteliti diupayakan pula untuk menjadi energi baru terbarukan (EBT).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian ada kebijakan penelitian energi baru dan terbarukan, transportasi yang sustainable," jelas dia.
 
Dia mengatakan, CCS di ITB merupakan salah satu dari 34 pusat penelitian unggul di kampusnya. CCS sendiri telah dinobatkan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) sebagai salah satu pusat unggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek).
 
"Selain menyediakan pusat unggulan Iptek, kami juga membangun program studi yang relevan untuk pengembangan energi ini," kata dia.
 
Baca juga:  Vent-I Diluncurkan, Ventilator Portabel Buatan ITB
 
Reini menyampaikan, pihaknya siap berkontribusi bersama seluruh pihak dalam pengembangann penelitian tersebut. Penelitian oleh pihaknya merupakan bukti peran ITB untuk masyarakat.
 
"Secara sekilas, ini apa yang bisa kita lakukan. Jadi peran ITB mulai dari penyediaan Sumber Daya Manusia, operator, publikasi, desain, pengembangan teknologi dan pengabdian masyarakat," tutup dia.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif