Pakar Energi asal Indonesia Dr. Oki Murazawa. Foto: Dok Diaspora Indonesia
Pakar Energi asal Indonesia Dr. Oki Murazawa. Foto: Dok Diaspora Indonesia

Pakar Energi Asal Indonesia Masuk Daftar 2% Ilmuwan Berpengaruh Dunia

Pendidikan penelitian diaspora indonesia Riset dan Penelitian
Arga sumantri • 23 November 2020 10:34
Jakarta: Universitas Stanford, Amerika Serikat, mengeluarkan daftar 2 persen tokoh ilmuwan paling berpengaruh di dunia. Khusus bidang energi, ada sejumlah nama besar seperti Prof. Michael Graetzel, bapak solar cell, energi tenaga matahari di Swiss.
 
Kemudian, ada pula nama Prof. John B Goodenough, napak battery dan energy storage. Yang membanggakan, pakar energi asal Indonesia Dr. Oki Muraza, masuk daftar 2 persen tokoh ilmuwan berpengaruh dunia di bidang energi. Oki merupakan pakar energi yang saat ini sedang berkarya di King Fahd University of Petroleum and Minerals, Arab Saudi.
 
Database yang dirilis Universitas Stanford ini ramai menjadi perbincangan di berbagai negara. Media di India, Pakistan, dan Malaysia, ramai memberitakan daftar ilmuwan asal negara ini yang berada di daftar 2 persen ilmuwan dunia tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip laman diaspora.ristekdikti.go.id, Oki Muraza diketahui menduduki jabatan Associate Professor, sebagai peneliti utama Chemical Engineering (Teknik Kimia) King Fahd University of Petroleum and Minerals. Selama sembilan tahun terakhir, Oki sudah mendapat dana hibah penelitian dari perusahaan pendanaan nasional, sekitar USD6,1 juta. 
 
Baca: Mahasiswa UGM Rancang Alat Pembuat Asap Cair Berkualitas
 
Ia sudah menerbitkan lebih dari 20 makalah ISI setiap tahunnya. Oki merupakan salah satu akademisi paling produktif di King Fahd University of Petroleum and Minerals.
 
Oki Muraza adalah lulusan sarjana Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia kemudian meraih gelar MSc di Technise Universiteit (TU) Delft, Belanda. Ia pun mendapatkan gelar PhD di kampus Belanda lainnya, TU Eindhoven.
 
Sebelum bergabung dengan King Fahd University of Petroleum and Minerals, ia bekerja sebagai peneliti di Associate di petroleum Institute AD dalam sebuah kolaborasi penelitian dengan University of Minnesota di bidang katalis/adsorpsi untuk pemrosesan hidro karbon. Oki tercatat pernah mendapatkan grant sebagai visiting research fellow dari Japan Petroleum Institute di Hokkaido University pada 2011-2012, dan peneliti tamu di Abo Akademi Finland pada 2007.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif