Institut Pertanian Bogor (IPB) gagas “Ayo Belanja Sayur dari Rumah
Institut Pertanian Bogor (IPB) gagas “Ayo Belanja Sayur dari Rumah". Foto: Humas/IPB.

Hindari Korona, IPB Fasilitasi Belanja Sayur dari Rumah

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 02 April 2020 19:12
Jakarta: Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (Ditmawa PK) Institut Pertanian Bogor (IPB), melalui Program One Village One CEO (OVOC) membantu memasarkan hasil pertanian secara daring. Hasil pertanian bakal dijual melalui aplikasi belanja daring.
 
Penggunaan aplikasi belanja daring digencarkan IPB, menyusul arahan pembatasan jarak atau social distancing oleh pemerintah. Tujuannya agar masyarakat tak perlu lagi berkerumun di pasar pada masa darurat virus korona atau coronavirus disease (covid-19).
 
"Pengembangan ini untuk mendorong 'Ayo Belanja Sayur dari Rumah'," kata Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB, Alim Setiawan dalam siaran pers, Kamis 2 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain menggunakan aplikasi belanja daring, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan koperasi sebagai penyalur. Salah satu koperasi yang digandeng IPB di antaranya, koperasi Dinatera milik Medco Foundation.
 
"Sejauh ini respon masyarakat terhadap kegiatan ini cukup baik, pada hari pertama permintaan mencapai total dua ribu pack," ujar Alim.
 
Dia mengaku, mendapat respons positif dari para konsumennya. Mulai dari pengakuan kualitas sayuran yang baik hingga kemudahan berbelanja.
 
Sejauh ini Program “Ayo Belanja Sayur dari Rumah," telah melibatkan para petani sayur yang berasal dari 53 desa di Kabupaten Bogor, Sukabumi, Bandung dan Garut. Permintaan pun telah menyentuh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).
 
Produk dari program ini bisa ditemui di aplikasi Tokopedia dan Lazada dengan nama Toko Rumah Sayur Bogor. Ke depan pihaknya bakal mengembangkan usaha tani dengan menyediakan buah-buahan hingga daging.
 
“Kami sangat berharap kegiatan ini bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan sayuran segar bermutu dan membantu petani dalam mendistribusikan hasil panennya," pungkas dia.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif