Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Menristek: Pabrik Vaksin Covid-19 Bakal Dibangun di Tangsel

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian vaksin covid-19
Antara • 22 Oktober 2020 20:08
Jakarta: Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro mengatakan pemerintah berencana membangun pabrik vaksin virus korona (covid-19) skala kecil di Tangerang Selatan (Tangsel). Program ini guna mendukung upaya percepatan pengembangan vaksin covid-19.
 
Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) sedang mengembangkan pusat pengembangan vaksin nasional yang berada di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Tangsel. Lokasi itu akan memiliki lab penelitian dan pabrik vaksin skala kecil.
 
"Jadi pabrik vaksin skala kecil untuk memastikan vaksin yang sudah dihasilkan bibitnya, bibitnya itu bisa mulai dibuat vaksin dengan jumlah atau skala kecil untuk uji klinis," kata Bambang dalam acara virtual Deklarasi Pernyataan Status Clearance Perumahan Batan Indah, Kamis, 22 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Epidemiolog Unair Minta Vaksinasi Bertahap dan Jangan Terburu-buru
 
Ia berharap, bibit vaksin yang dihasilkan di laboratorium tersebut akan dapat dikembangkan lebih lanjut di pabrik vaksin skala kecil itu. Dalam upaya pengembangan pusat pengembangan vaksin nasional di lokasi tersebut, membutuhkan dukungan Pemerintah Kota Tangsel. Terutama, terkait perizinan.
 
"Tentunya kami juga membutuhkan dukungan nantinya karena mungkin ada beberapa izin yang diperlukan," ujarnya.
 
Bambang menuturkan, keberadaan pusat pengembangan vaksin nasional diharapkan akan mempercepat upaya bangsa Indonesia untuk menghasilkan vaksin covid-19. Dia mengatakan, pusat pengembangan vaksin nasional akan dapat menjadi sumbangan berikutnya dari Puspiptek dan Pemerintah Kota Tangsel dalam upaya menangani pandemi covid-19 di Tanah Air.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif