I-boat, kapal canggih tanpa awak inovasi ITS. Foto: Dok. ITS
I-boat, kapal canggih tanpa awak inovasi ITS. Foto: Dok. ITS

Setelah RAISA, ITS Perkenalkan i-BOAT Kapal Canggih Tanpa Awak

Pendidikan inovasi Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Citra Larasati • 30 September 2020 10:10
Jakarta: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menghadirkan inovasi terbarunya untuk bangsa. ITS memperkenalkan kapal pintar tanpa awak bernama intelligent Boat (i-BOAT).
 
Kapal autonomous ini dapat dijalankan dengan kombinasi teknologi berbasis artificial intelligence dan internet of things, Diluncurkan oleh Rektor ITS, Mochamad Ashari, disaksikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi secara virtual.
 
Produk inovasi ini bakal menambah jajaran karya inovasi ITS sebelumnya, seperti robot RAISA dan intelligent Car (i-Car). Indonesia merupakan negara maritim dengan 17 ribu pulau dan luas wilayah perairan seluas 3,25 juta kilometer persegi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi itu membuat peranan angkutan laut sangatlah vital sebagai pemersatu bangsa. Sesuai kebutuhan tersebut, i-BOAT hadir dengan maksud memenuhi fungsi yang dibutuhkan di aspek kemaritiman saat ini, khususnya untuk manusia. Seperti untuk penyelamatan, pemenuhan logistik di pulau-pulau yang membutuhkan bantuan, dan fungsi pertahanan dan keamanan.
 
Produk i-BOAT ini berhasil direalisasikan melalui kerja sama 10 judul penelitian dengan pendanaan dan koordinasi dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ITS dan Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST) ITS. Selanjutnya, DRPM membentuk konsorsium penelitian yang melibatkan Sembilan departemen teknik dan dua klaster Sains Tekno Park (STP), yaitu STP–Kluster Inovasi TIK dan Robotika dan STP–Kluster Maritim.
 
Baca juga:Riset Potensi Tsunami 20 Meter, Geolog UGM: Jangan Panik
 
Manajer Klaster Maritim-STP ITS, Tri Achmadi menjelaskan cara kerja i-Boat. Kapal ini dikendalikan oleh operator yang bersangkutan. Dari sisi fitur operasional, i-BOAT ini dirancang dapat diperintah untuk menuju lokasi koordinat tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya.
 
“Jika terdapat koneksi internet di wilayah operasionalnya, pengguna dapat menggunakan i-BOAT ini melalui aplikasi user interface, baik yang bersifat web-based maupun yang beroperasi melalui gadget android (smartphone),” papar Tri, dalam keterangan tertulis, Rabu, 30 September 2020.

 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif