Alat PPMS ITS. Foto: Humas ITS.
Alat PPMS ITS. Foto: Humas ITS.

PPMS Buatan ITS, Bantu Pasien Darurat Dapatkan Pertolongan Pertama

Pendidikan inovasi Riset dan Penelitian ITS Alat Kesehatan
Arga sumantri • 27 Januari 2022 15:25
Surabaya: Enam sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang Portable Patient Monitoring System (PPMS) yang dipasang pada mobil ambulance. Alat ini untuk mempercepat pertolongan terhadap pasien dan memangkas antrean di emergency room atau UGD.
 
Tim bernama Imelda ini terdiri dipimpin Profesor Mauridhi Hery Purnomo. Anggotanya, Wiwik Anggraeni, Diah Risqiwati, Lailatul Husniah, Sugiyanto, dan Hanugra Aulia Sidharta. 
 
Semua anggota tim Imelda tersebut saat ini masih menyelesaikan studi program S3 di ITS Tim juga melibatkan Lailis Syafa’ah yang merupakan dosen Teknik Elektro dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sebagai koordinator komunikasi tim dengan mitra kerja terkait.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wiwik Anggraeni mengungkapkan PPMS terdiri dari tiga komponen utama, yakni alat monitoring pasien, komputer mini, dan printer thermal mini. Ketiganya dikemas dalam sebuah koper dengan ukuran yang sama dengan berat kurang dari 3 kilogram guna memudahkan transportasi. 
 
"Dengan ukuran tersebut, PPMS menjadi alat portable yang bisa dipindahkan dari ambulance menuju bed sementara sebelum masuk ke emergency room," papar Wiwik dalam keterangannya, Kamis, 27 Januari 2022.
 
Baca: Vaksin Merah Putih Bersiap Menuju Tahap Uji Praklinis
 
Wiwik menambahkan PPMS berfungsi sebagai alat monitoring tanda vital selama perjalanan dari rumah pasien hingga UGD. Tanda vital tersebut di antaranya SpO2, systole, diastole, suhu tubuh, respiratory rate, dan heart rate. 
 
"Keenamnya akan diamati selama perjalanan dan paramedis dapat mencetak rangkuman data tersebut untuk kemudian diserahkan ke UGD," ujar dosen Departemen Sistem Informasi ITS tersebut.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif