Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Aplikasi Mahasiswa UI Mampu Deteksi Kerentanan Terhadap Korona

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 01 April 2020 17:14
Jakarta: Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) berkolaborasi menciptakan aplikasi deteksi awal risiko virus korona (covid-19). Aplikasi ini diklaim mampu melihat tingkat keparahan yang muncul dari gejala awal penderita korona.
 
"Aplikasi ini berbentuk test berupa pertanyaan asesmen risiko terkena covid-19 bernama EndCorona," kata founder EndCorona, Arya Lukmana, dalam konferensi video, Rabu, 1 April 2020.
 
Aplikasi ini menyediakan 11 pertanyaan mengenai kegiatan pengguna selama 14 hari, hingga gejala kesehatan yang tengah dialami. Dari 11 pertanyaan tersebut, aplikasi akan mengklasifikasikan apakah pengguna memiliki risiko awal terpapar covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aplikasi akan mengeluarkan hasil berupa tingkat risiko terpapar virus. Klasifikasinya, kategori risiko rendah, hati-hati, rentan, dan sangat rentan.
 
"Pertanyaan ini sudah disurvei oleh supervisor dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Berdasarkan kategori tingkat risiko, kami akan memberikan rekomendasi awal," ujar dia.
 
Baca:Kaltara Perpanjang Masa Belajar di Rumah
 
Pengguna yang berdasarkan hasil asesmen dinyatakan rentan dan sangat rentan terpapar akan diarahkan untuk melakukan cek fisik ke fasilitas kesehatan terdekat. Mereka yang diklasifikasikan hati-hati akan diminta tetap mengisolasi diri.
 
Arya berharap aplikasi ini bisa membuat masyarakat bersikap lebih bijak dalam menghadapi pandemi. Dengan adanya deteksi risiko, masyarakat diharapkan tidak panik.
 
Selain itu, dalam aplikasi EndCorona juga disediakan layanan konsultasi hasil asesmen via grup Whatsapp dengan humas UI. Terdapat pula nomor telepon fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dihubungi.
 
"Kami juga melakukan kurasi pemberitaan untuk dimuat pada aplikasi. Serta dilengkapi juga langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk menurunkan kepanikan akibat wabah korona," ujarnya.
 
Aplikasi ini, dikerjakan Arya bersama delapan rekannya di FK UI dan dibantu delapan rekan Fasilkom UI. Pengerjaan aplikasi, telah dimulai sejak bulan Februari 2020, dengan bimbingan dosen fakultas masing-masing.
 
Aplikasi dapat diakses melalui situs endcorona.fk.ui.ac.id atau endcorona.id. UI tengah mengembangkan aplikasi agar bisa dapat diunduh melalui telepon pintar berbasis Android dan iOS dalam waktu dekat.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif