Tampilan Game Punawakan Z yang dikembangkan Universitas Indonesia. Dok Humas UI.
Tampilan Game Punawakan Z yang dikembangkan Universitas Indonesia. Dok Humas UI.

UI Kembangkan Game untuk Dukung Pembentukan Karakter Anak

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian Universitas Indonesia
Arga sumantri • 01 Desember 2020 14:56
Depok: Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Multidisiplin ilmu Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) dan Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) mengembangkan Game Punakawan Z. Ini merupakan sebuah game edukatif dan kreatif yang diperuntukkan bagi anak-anak generasi yang lahir pada usia 1995 - 2010.
 
Tim yang terdiri atas dosen beserta enam mahasiswa ini mengemas ulang cerita Gareng Petruk, sebagai upaya mendukung pembentukan karakter anak sesuai nilai Pancasila dan budaya Indonesia. Game dibuat dengan menyesuaikan selera dan minat anak generasi Z.
 
Ketua Tim, Ike Iswary Lawanda mengatakan, timnya juga membuat sebuah komik anak berjudul Punakawan Z: Gareng & Petruk Berlaga. Pembuatan game dan komik ini juga turut melibatkan 50 anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina 1 Depok, empat anak murid sekolah dasar swasta internasional, beserta 11 guru kelas masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Peneliti UI Kembangkan Pendeteksi Ujaran Kebencian di Twitter
 
Menurut Ike, para siswa tersebut diminta untuk memberi masukan agar permainan dan komik yang dipersiapkan tim pengmas dapat menarik di mata anak-anak selaku user-nya. Pengembangan game melibatkan anak-anak untuk memberikan masukan sejak perencanaan cerita sampai kegiatan memainkan game selama tiga kali.
 
Game Punakawan Z merupakan jalan pembentukan karakter yang sarat dengan pembelajaran dan penanaman karakter menggunakan sarana yang kreatif dan inovatif, tanpa instruksi yang otoritatif. Anak memilih peran dan mengetahui risiko atas pilihannya sendiri," ujar Ike melalui keterangan tertulis, Selasa, 1 Desember 2020.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif