Pengisi acara Saiful Bahri. DOK UNS
Pengisi acara Saiful Bahri. DOK UNS

Hatamkan Al-Qur'an, Mahasiswa UNS Luncurkan Program FMIPA Mengaji

Renatha Swasty • 29 April 2022 17:45
Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta meluncurkan Program FMIPA Mengaji. Program ini untuk menghatamkan Al-Qur'an.
 
“Dengan izin dari Allah subhanahu wa ta’ala, kegiatan FMIPA Mengaji kami nyatakan resmi dibuka. Semoga kegiatan ini mendatangkan keberkahan di FMIPA dan di UNS pada umumnya. Semoga Allah melimpahkan kekuatan kepada kita,” ujar Dekan FMIPA UNS Harjana dalam peluncuran mengangkat tema Bagaimana Interaksi Kita dengan Al-Qur'an? dikutip dari laman uns.ac.id, Jumat, 29 April 2022.
 
Ketua Takmir Masjid FMIPA Siswanto menuturkan setelah peluncuran ini, akan dibentuk grup Whatsapp untuk memudahkan komunikasi. Dia menuturkan Program FMIPA Mengaji merupakan kegiatan bulanan yang bertujuan mengkhatamkan 30 juz Al-Qur'an bersama-sama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekaligus membetulkan bacaan Al-Qur'an atau yang populer dengan istilah tahsin," kata Siswanto.
 
Lulusan program Doktor di Al Azhar University, Kairo, Mesir, Saiful Bahri, menjelaskan mengenai kondisi manusia dengan Al-Qur'an. Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta itu menyebut terdapat beberapa kondisi, seperti ada yang dimudahkan dalam membaca tapi sedikit sulit menghafal atau memahami makna ayat-ayat Al-Qur'an.
 
Ada pula yang terbata-bata atau terkendala membaca, ada yang mudah menghafal, dan ada yang mudah lupa. Selain itu, ada yang dimudahkan dalam mempelajari dan mentadaburi, serta ada yang dimudahkan dalam mengajarkan dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan di dalamnya.
 
Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengajak mahasiswa UNS kembali sadar pentingnya Ramadan sebagai bulan diturunkannya Al-Qur'an. Dia juga menjelaskan histori turunnya Al-Qur'an. P
 
embawa wahyu Al-Qur'an merupakan malaikat Jibril. Kemudian, diterima oleh Nabi Muhammad. Pada bulan Al-Qur'an, yakni bulan Ramadan adalah bulan terbaik. Dia menyebut pada bulan ini terdapat waktu malam yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an yang disebut malam Lailatul Qodr yang penuh dengan kebaikan.
 
Baca: Tata Cara Salat Idulftri Lengkap dan Mudah
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif