Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan. Foto: Dok. Untar
Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan. Foto: Dok. Untar

Untar Siap Gelar PTM 100% di Tahun Ajaran Baru 2022/2023

Citra Larasati • 14 Mei 2022 09:41
Jakarta:  Universitas Tarumanagara menyatakan kesiapannya untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di tahun ajaran baru 2022/2023.  Namun jika belum mendapatkan izin, Untar tetap akan menggelar PTM terbatas.
 
“Jika diperbolehkan, kami akan melakukan PTM 100 persen pada semester depan atau tahun ajaran baru mendatang. Akan tetapi jika belum diperbolehkan kami akan melakukan PTM secara terbatas,” kata Rektor Untar, Agustinus Purna Irawan.
 
Untar masih menggelar PTM Terbatas hingga saat ini, dengan prioritas tatap muka untuk mahasiswa angkatan 2022 dan 2021.  Tatap muka juga diprioritaskan bagi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian maupun tugas akhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian juga mahasiswa Fakultas Kedokteran, dan fakultas teknik yang membutuhkan praktikum.  Untuk saat ini, kata Agustinus, belum dapat menggelar PTM 100 persen karena menunggu semester genap berakhir.
 
Agustinus mengatakan, Untar juga akan menerapkan metode belajar yang berbeda dengan saat masih pandemi covid-19.  Ke depan, perkuliahan akan lebih banyak mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, termasuk bauran atau hybrid antara pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan luar jaringan (luring).
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB Empat Menteri) terbaru.  Yakni SKB 4 Menteri Nomor 01/KB/2022, Nomor 408 Tahun 2022, Nomor HK.01.08/MENKES/1140/2022, Nomor 420-1026 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.
 
Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dilaksanakan berdasarkan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan pemerintah pusat.  Selain itu juga capaian vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), serta warga masyarakat lansia.
 
"Penetapan level PPKM masih diatur melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri yang disesuaikan berkala," jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Sesjen Kemendikbudristek) Suharti di Jakarta, Rabu, 11 Mei 2022.

Berikut ketentuan PTM berdasarkan SKB 4 Menteri Terbaru:

  1. Satuan pendidikan yang berada di wilayah PPKM Level 1 dan Level 2 dengan capaian vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lanjut usia (lansia) di atas 60 persen, diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan Jam Pembelajaran (JP) sesuai kurikulum.
  2. Satuan pendidikan yang capaian vaksinasi PTK di bawah 80 persen dan lansia di bawah 60 persen juga diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan durasi pembelajaran paling sedikit 6 jam pelajaran.
  3. Satuan pendidikan yang berada di wilayah PPKM level 3 dengan capaian vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lansia di atas 60 persen, diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan jam pelajaran sesuai kurikulum.
  4. Satuan pendidikan yang capaian vaksinasi PTK di bawah 80 persen dan lansia di bawah 60 persen, diwajibkan menyelenggarakan PTM 50 persen setiap hari secara bergantian dengan moda pembelajaran campuran maksimal 6 jam pelajaran. 
  5. Satuan pendidikan pada wilayah PPKM level 4, dengan vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lansia lebih dari 60 persen diwajibkan menyelenggarakan PTM 50 persen setiap hari secara bergantian dengan moda pembelajaran campuran maksimal 6 jam pelajaran.  "Sementara yang vaksinasi PTK-nya di bawah 80 persen dan vaksinasi lansianya di bawah 60 persen masih diwajibkan untuk melaksanakan PJJ," kata Sesjen Kemendikbudristek.
  6. Satuan pendidikan yang berada pada daerah khusus berdasarkan kondisi geografis terpencil sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 160/P/2021, juga dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka secara penuh (100 persen) dengan kapasitas peserta didik 100 persen.
Baca juga: 6 Aturan PTM 100% di Sekolah Berdasarkan SKB 4 Menteri Terbaru
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif