Program beasiswa UI GREAT dan UI SHINE. DOK UI
Program beasiswa UI GREAT dan UI SHINE. DOK UI

UI Buka Kesempatan Mahasiswa Asing Dapat Beasiswa Lewat Program UI GREAT dan UI SHINE

Pendidikan Pendidikan Tinggi Universitas Indonesia Perguruan Tinggi Mahasiswa
Renatha Swasty • 11 Mei 2022 18:21
Jakarta: Universitas Indonesia (UI) membuka akses bagi mahasiswa asing melalui program beasiswa UI GREAT dan UI SHINE. UI GREAT akronim dari UI Degree Scholarship for International Student dan UI SHINE  akronim dari UI Scholarship for International Student Exchange.
 
Pemberian beasiswa dalam upaya mewujudkan kolaborasi yang dikembangkan bersama perguruan tinggi global yang menjadi mitra UI. Serta meningkatkan reputasi akademik dan memperkenalkan UI dan Indonesia ke ranah internasional.
 
“UI sadar Indonesia sudah bertumbuh signifikan, terutama dalam bidang ekonomi. Bahkan, tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah dalam gelaran G20. Program UI GREAT dan UI SHINE ini diharapkan meningkatkan kolaborasi internasional serta reputasi UI di mata global,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Abdul Haris, dalam keterangan tertulis, Rabu, 11 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Abdul menuturkan UI merupakan salah satu perguruan tinggi unggulan dengan kualitas pendidikan terbaik di Indonesia serta konsisten menempati ranking rata-rata di urutan 56 se-Asia dan 260 di tingkat global menurut QS World Campus Ranking. Hal tersebut menjadi bukti UI mengedepankan kualitas pendidikan serta memiliki nilai kompetitif dalam berbagai aspek.
 
"UI mengerti pendidikan tinggi berkualitas diperlukan untuk menjaring talenta-talenta terbaik dari berbagai negara,” ujar Abdul.
 
UI GREAT diperuntukkan bagi mahasiswa asing yang ingin menempuh pendidikan penuh waktu atau full time di kampus UI. Hampir seluruh fakultas di UI menyediakan program pendidikan S2 yang bisa dipilih calon mahasiswa.
 
Beberapa fakultas yang menyediakan program pendidikan pascasarjana, yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Sekolah Ilmu Lingkungan, serta Sekolah Kebijakan Stratejik dan Global.
 
Kepala Kantor Urusan Internasional, Baiduri Widanarko, mengungkapkan persyaratan program UI GREAT, yaitu aplikan harus berasal dari warga negara asing (non-Indonesia), sudah mendapatkan vaksin minimal dua kali, dan mampu mempertahankan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.0 selama masa studi di UI.
 
Beberapa syarat lain bisa diakses melalui tautan https://admission.ui.ac.id/. Mahasiswa asing yang diterima dalam program UI GREAT berkesempatan mendapat bantuan beasiswa dengan komponen bantuan biaya visa mahasiswa, bantuan tiket pesawat, bantuan biaya hidup, serta bantuan lainnya.
 
Sementara itu, UI SHINE adalah program pertukaran pelajar bagi mahasiswa S1 dan S2 yang sedang menempuh pendidikan di universitas yang bekerja sama dengan UI. Mereka dapat menempuh pendidikan di UI selama satu semester.
 
Aplikan dapat memilih program studi di fakultas tujuan dengan bidang ilmu yang sama di universitas asal. Persyaratan yang harus dipenuhi program UI SHINE, yakni aplikan merupakan mahasiswa non-Indonesia yang berasal dari universitas partner UI, dan persyaratan lain dapat diakses melalui laman https://international.ui.ac.id/exchange/.
 
Pendaftaran kedua program tersebut ditutup pada 31 Mei 2022 dan diumumkan pada 20 Juni 2022. Sekretaris Universitas, Agustin Kusumayati, menyebut UI sebagai institusi perguruan tinggi berkomitmen menyediakan aksesibilitas pendidikan bagi generasi muda.
 
“Untuk itu, kami meluncurkan program beasiswa atau scholarship program UI GREAT dan UI SHINE. Program ini mendukung 250 mahasiswa asing bertalenta dari berbagai negara agar dapat menempuh pendidikan di UI melalui kolaborasi internasional,” kata Agustin.
 
UI GREAT dan UI SHINE merupakan program yang dinaungi Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI yang didukung oleh Direktorat Kemahasiswaan, Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru, dan Kantor Internasional UI atau International Office UI. Ketiga unit tersebut mengemban tugas mendukung tujuan internasionalisasi.
 
Serta menangani mobilitas internasional yang melibatkan sivitas UI dan sivitas akademika dunia. Seperti membantu mahasiswa asing mengurus kebutuhan akademik selama belajar di UI serta menjembatani hubungan sivitas UI dengan komunitas akademik/universitas lain di dunia.
 
Baca: Mau Masuk UI? Ini Informasi Lengkap SIMAK UI 2022
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif