NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

UN Dibatalkan, Tangsel Juga Meniadakan Ujian Sekolah

Pendidikan Ujian Nasional Virus Korona
Farhan Dwitama • 25 Maret 2020 15:04
Tangerang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan menyambut positif kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait penghapusan Ujian Nasional (UN) bagi pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat di tengah ancaman meluasnya penyebaran covid-19.
 
"Bahwa pinsipnya kami Dikbud Tangsel menyambut baik kebijakan Mendikbud dan kami akan segera melaksanakan apa yang menjadi kebijakan tersebut. Mudah-mudahan akan menambah semangat guru dan sekolah untuk meningkatkan kualitas," ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tangsel, Taryono, Rabu 25 Maret 2020.
 
Dia menegaskan, dalam upayanya menekan laju penyebaran covid-19 di lembaga pendidikan, pihaknya bahkan akan melarang kehadiran siswa di sekolah pada tiga pelaksanaan kegiatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada tiga hal, terkait Ujian Nasional, Ujian Kenaikan Kelas dan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru). Prinsip tiga hal ini dalam rangka pencegahan penyebaran covid 19, siswa tidak boleh dihadirkan di sekolah," jelas dia.
 
Maka dari itu, dengan dihapusnya UN dan meniadakan kehadiran peserta didik di sekolah, Ujian Sekolah, sebagai acuan kelulusan siswa juga akan ditiadakan bagi peserta didik yang belum melaksanakannya.
 
"Tidak ada US (ujian sekolah) juga, penetapan kelulusan siswa adalah kewenangan sekolah. Berdasarkan penilaian yang diambil dari nilai rapor sampai semester ganjil. Misal SD, diambil nilai rapor sampai semester 11, SMP diambil sampai semester 5. Ditambah dengan beberapa nilai di semester genapnya," ungkap Taryono.
 
Baca juga:Jokowi: UN 2020 Ditiadakan
 
Dengan proses belajar mengajar yang panjang selama pembelajaran di kelas dan secara daring, maka penilaian terhadap siswa untuk penentuan kelulusan sudah sesuai dan objektif.
 
"Dari kebijakan Mendikbud bahwa asesmen pertama nilai rapor, kedua dari potofolio penugasan dan prestasi siswa sebelumnya. Terakhir yang ada di nilai semester genap," ungkap dia
 
Meski begitu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel mengakui, sudah sangat siap dengan pelaksanaan UN di tingkat SMP di Tangerang Selatan.
 
"Tentu kami sampai saat ini sesuai dengan kebijakan sebelumnya dan BNSP. Meski kesiapan ujian sekolah SD dan UNBK di smp sudah siap. Bahkan untuk paket A,B,C kami siap. Tentu dengan kebijakan ini kami membatalkan, kemudian kami akan membuat kebijakan teknis terkait pelaksanaan sesuai dengan kebijakan," kata dia
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif