Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan Layar Zoom.
Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan Layar Zoom.

Nadiem Janji Benahi Persoalan Beban Administrasi Dosen

Ilham Pratama Putra • 09 Juni 2020 15:08
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyebut mencari dosen yang ideal merupakan hal sulit. Menurutnya, mengharapkan pengajar ideal kurang realistis ketika dosen masih sibuk dengan urusan administratif.
 
"Sangat tidak realistis kita ekspektasi dosen kita ideal, kalau secara sistem mereka tidak bisa ideal. Terutama masih sibuk mengurus administrasi," kata Nadiem dalam konferensi video, Selasa, 9 Juni 2020.
 
Menurut Nadiem, beban administrasi dosen masih terlalu besar. Utamanya, ketika kampus akan melakukan proses akreditasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misal saat satu tahun jelang akreditasi mereka sudah sibuk maintance akreditasi hanya untuk membuktikan mereka bekerja," lanjut Nadiem.
 
Baca: Ini 'Bocoran' Jumlah Soal UTBK yang Pakai Bahasa Inggris
 
Menurutnya, kegiatan tersebut akan menjadikan dosen kehabisan waktu dan melupakan fungsi utama mereka sebagai pengajar. Nadiem berkomitmen untuk membenahi beban administrasi yang dilimpahkan pada dosen.
 
"Jadi dibenahi dulu, di mana struktur organisasi di universitas selama ini banyak stakeholder, segala macam perlu izin, jadi tidak otonom. Padahal kita ingin memerdekakan," ungkap dia.
 
Nadiem mengakui hal yang sama juga terjadi pada guru. Ada kemiripan masalah antara dosen maupun guru. Nadiem berjanji membenahi masalah guru dan dosen agar kembali pada fungsi utamanya yakni menjadi corong ilmu bagi para murid.
 
"Guru juga harus menyadari bahwa dia adalah fasilitator dan harus menurunkan egonya sebagai satu-satunya corong ilmu, agar murid juga bisa merasa merdeka mencari ilmu dari berbagai sumber," ujarnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif