Tim UNS raih juara 1 di National Chemistry Expo and Festival. Foto: UNS/Humas
Tim UNS raih juara 1 di National Chemistry Expo and Festival. Foto: UNS/Humas

National Chemistry Expo and Festival

Juara I Berkat Salep dari Limbah Tulang Ikan

Pendidikan prestasi mahasiswa Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 06 Februari 2020 20:28
Jakarta: Tim Universitas Sebelas Maret (UNS) sukses meraih peringkat satu dalam ajang National Chemistry Expo and Festival di bidang kesehatan melalui produk salep. Salep tersebut diberi nama Salugen yang terbuat dari limbah tulang ikan.
 
Tim UNS ini terdiri dari Muhammad Adam Firdausi dari Program Studi (Prodi) D3 Farmasi 2018, Thufeil Noor Muhammad dari Prodi D3 Teknik Informatika 2018, dan Putri Indah Nurani dari Prodi D3 Farmasi 2019. Tim di bawah bimbingan Dian Eka Ermawati, M. Sc., Apt. ini mengusung judul penelitian Salugen: Inovasi Salep Penyembuh Luka dari Kolagen Limbah Tulang Ikan Bandeng (Chanos chanos F).
 
Putri Indah Nurani mengaku, cukup banyak rintangan yang harus dilewati hingga akhirnya memutuskan membuat produk salep ini. Ia menyebutkan mengubah formula sebelum memutuskan salep, dari awalnya Nugget berbahan dasar tempe dan gembili untuk menunjang ketahanan pangan yang merupakan tujuanSustainable Development Goals (SDG's) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dikarenakan banyaknya ide yang ada di dalam kepala namun memiliki berbagai kekurangan, kami sempat beralih formulasi. Konsultasi demi konsultasi pun kita laksanakan. Pada akhirnya abstrak kami lolos," jelas Putri dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Akibat proses yang cukup panjang ini, akhirnya mereka baru bisa memproduksi salep H-1 kompetisi. Bahkan produksi kemasan salep juga mengalami masalah pada saat berangkat ke lokasi kompetisi di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).
 
Meski cukup rumit dan berat, ia menyebut berkat motivasi ketua tim membuat kembali semangat dan optimistis. "Ketua kami Adam, memotivasi bahwa salep yang kami buat sudah memenuhi apa yang menjadi tujuan kami," ungkapnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif