Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah
Ilustrasi. Foto: MI/Barry Fathahillah

KIP Kuliah Bakal Ditangani Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan

Pendidikan Pendidikan Tinggi KIP Kuliah
Muhammad Syahrul Ramadhan • 27 Maret 2020 22:41
Jakarta: Seluruh urusan yang menyangkut Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah), mulai semester depan atau awal tahun ajaran baru tidak lagi berada di bawah kewenangan Ditjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud. KIP Kuliah langsung berada di bawah satuan kerja khusus, yakni Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan.
 
“Ada Satker (satuan kerja) tersendiri di bawah Setjen Kemendikbud," jelas Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemendikbud, Aris Junaidi dalam Webinar KIP Kuliah, Jakarta, Jumat, 27 Maret 2020.
 
Kemendikbud memastikan, semua penerima beasiswa Bidikmisi akan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Tercatat saat ini ada 368 ribu penerima beasiswa Bidikmisi yang akan beralih menjadi penerima KIP Kuliah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Semua masih punya hak Bidikmisi yang sekarang namanya berganti KIP-K itu akan mendapatkan kartu (KIP Kuliah,” jelas Aris.
 
Baca juga:Verifikasi Faktual Calon Penerima KIP Kuliah Diganti Daring
 
Aris menambahkan, nantinya kartu tersebut sekaligus bisa digunakan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM). “Kartu ini sudah disetujui Bank Indonesia. Nanti BI akan menginstruksikan bank mitra lalu bank mitra akan mencetak KIP Kuliah. Jadi saat yang on going atau yang baru akan mendapatkan kartu yang berfungsi seperti ATM,” jelasnya.
 
Sebagai informasi, untuk tahun ini kuota KIP Kuliah mencapai 400 ribu mahasiswa. Sementara saat ini yang sudah menerima beasiswa yang dulunya bernama Bidikmisi ini sudah 368 ribu.
 
Penerima KIP Kuliah akan mendapatkan pembiayaan yang sama dengan besaran bantuan pendidikan di program Bidikmisi. Setiap penerima KIP Kuliah akan mendapat pembiayaan sebesar Rp6,6 juta per mahasiswa yang dibayarkan setiap semester.
 
Pembiayaan tersebut terbagi atas dua komponen. Yakni bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan sebesar Rp2,4 juta/semester/mahasiswa dan bantuan biaya hidup yang dibayarkan ke rekening mahasiswa sebesar Rp4,2 juta/semester/mahasiswa.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif