Para pemenang Entrepreneur Week Universitas Tarumanagara, Medcom.id/Intan Yunelia.
Para pemenang Entrepreneur Week Universitas Tarumanagara, Medcom.id/Intan Yunelia.

Indonesia Membutuhkan Banyak Lapangan Kerja Baru

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 21 Mei 2019 18:32
Jakarta: Peran perguruan tinggi sangat strategis dalam melahirkan lebih banyak lagi wirausahawan dan lapangan kerja baru bagi Indonesia. Hal ini tidak hanya menjadi tugas dari program studi bisnis dan manajemen saja, melainkan setiap prodi di perguruan tinggi didorong untuk mencetak wirausahawan.
 
Rektor Universitas Tarumanagara (Untar), Agustinus Purna Irawan mengatakan, bahwa saat ini Indonesia kekurangan banyak wirausahawan. Hal ini sangat mengkhawatirkan, jika mengingat persaingan global akan menjadi sebuah keniscayaan.
 
"Apalagi melihat produk asing banyak sekali, kita butuh banyak wirausahawan untuk mengembangkan produk dalam negeri. Kampus menjadi bagian penting dalam hal ini," kata Agustinus, di Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perguruan tinggi, kata Agustinus, merupakan tempat bagi generasi muda untuk mendapatkan teori dan praktik wirausaha sekaligus. Hal itu juga yang dilakukan Untar dalam mencetak lulusan yang memiliki mental berwirausaha, salah satunya dengan membiasakan mahasiswanya mengenal berbagai model bisnis saat berada di bangku kuliah.
 
"Ini kami terapkan di semua prodi, karena bagi kami semua prodi harus melahirkan wirausahawan, bukan hanya berlaku untuk prodi bisnis dan manajemen," terang Agustinus.
 
Baca:Untar Ungguli PTN Terkemuka di Kompetisi Pemasaran
 
Salah satu yang dilakukan untuk menyiapkan mahasiswa agar siap menjadi seorang wirausaha, Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara (FE Untar) menyelenggarakan ajang “Entrepreneur Week. Kegiatan yang saat ini memasuki penyelenggaraan ke 13 (EW 13) bertema “Innovation to Explore Business Opportunity” berlangsung 17-19 Mei 2019 lalu di Main Atrium Pluit Village.
 
Menurut Agustinus,Entrepreneur Week sejalan dengan program pemerintah yang ingin mengedepankan industri kreatif melalui generasi muda. Kegiatan ini menjadi ajang implementasibusiness planmahasiswa KonsentrasiEntrepreneurshipdan Manajemen Bisnis dari Program Studi Sarjana Manajemen.
 
Mahasiswa diberi kesempatan dan pengalaman dalam berwirausaha dengan memamerkan
business startupyang sedang mereka kembangkan.Selain itu mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mempraktikkan berbagai konsepentrepreneurship, dengan menampilkan kepada khalayak ramai dan bersimulasi di dalam lingkungan bisnis yang sesungguhnya.
 
Sejak tahun 2010, Prodi Manajemen telah menawarkan Konsentrasi Kewirausahaan kepada mahasiswa. Sasaran yang ingin dicapai adalah menanamkan mindset entrepreneurial dan menyiapkan mahasiswa agar siap menjadi wirausaha ketika mereka lulus.
 
"Untuk itu, di dalam kurikulum, mahasiswa telah dipersiapkan sejak semester pertama mendapatkan mata kuliah yang terkait dengan berbagai aspek kewirausahaan sehingga kelak mereka punya bekal dalam membangun bisnisnya sendiri," tutup Agustinus.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif