CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata
CEO Medcom.id Kania Sutisnawinata

Dunia Kerja Masa Depan Butuh SDM Kaya Soft Skills

Pendidikan Tenaga Kerja beasiswa osc Tips Pendidikan OSC Sumber Daya Manusia
Ilham Pratama Putra • 27 Oktober 2021 14:39
Jakarta: CEO Medcom.id, Kania Sutisnawinata menyebut generasi muda harus terus mengasah softskills. Pasalnya, dunia kerja sangat membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kaya dengan soft skills.
 
Bahkan, menurutnya, pertumbuhan teknologi pun belum mampu mengalahkan soft skills manusia. Berbeda dengan hard skills, yang kini telah banyak digantikan oleh kemampuan mesin.
 
"Walaupun perubuhan teknologi cepat, softskill itu masih diandalkan," kata dia dalam Roadshow Virtual Kuliah Umum OSC Medcom.id, Rabu 27 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 3 Modal Menjadi Generasi Indonesia Emas
 
Dia menjelaskan, kebutuhan akan sumber daya manusia yang kaya dengan soft skill akan tumbuh 2,5 persen lebih cepat setiap tahunnya. Artinya, lapangan pekerjaan yang membutuhkan soft skills pun akan semakin meluas.
 
"Bahkan nanti dua per tiga dari total pekerjaan di 2030 juga membutuhkan soft skills," tuturnya.
 
Kania mengatakan, salah satu cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengasah soft skills yakni dengan menjadi pribadi yang adaptif. Selain itu, mulai meninggalkan kebiasaan buruk.
 
"Jadi kita mesti konsisten mengubah perilaku yang merugikan kita. Jadi harus disadari kita bisa berubah dan berubah menjadi lebih baik, adalah soft skills dasar yang perlu dilakukan," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif