Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto: YouTube
Mendikbudristek, Nadiem Makarim. Foto: YouTube

Nadiem: Sains, Teknologi, dan Budaya Harus Seiring Jalan

Ilham Pratama Putra • 03 Desember 2021 20:19
Jakarta: Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim menyebut teknologi di bidang kebudayaan sangat penting. Menurutnya teknologi dan kebudayaan adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
 
"Sains dan teknologi tanpa budaya tradisional tidak bisa memiliki nilai keunikan. Sedangkan budaya tanpa sains dan teknologi tidak bisa memberikan dampak besar, khususnya di era digital saat ini," ujar Nadiem dalam acara Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM), Jumat, 3 Desember 2021.
 
Menurutnya, diperlukan satu wadah yang mampu menampung inovasi teknologi berbasis kebudayaan masyarakat. Di situlah, kata dia, kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) menjadi wadah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:  Puspeka Kemendikbudristek Raih Penghargaan Rekor Dunia dari MURI
 
KBKM, kata dia, menjadi wadah generasi muda yang menciptakan teknologi berbasis kebudayaan daerah secara bersamaan. Di KBKM banyak sekali ditemukan solusi dari tantangan masyarakat.
 
"Inisiatif teman-teman menjadi lebih kontekstual dengan dengan situasi yang riil di lapangan. Ini tentunya sejalan dengan semangat Merdeka Belajar," lanjut Nadiem.
 
Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Faris menyebut KBKM 2021 sebagai ruang bagi para generasi muda untuk menggali berbagai ekspresi teknologi dari kearifan lokal. "Kita berusaha mencari inspirasi dari desa yang merupakan lumbung pengetahuan," jelas Hilmar.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif