Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti. Foto: Medcom/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti. Foto: Medcom/Muhammad Syahrul Ramadhan.

KPAI Menilai Kurikulum Darurat Masih Bersifat Alternatif

Pendidikan Virus Korona Kurikulum Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 07 Agustus 2020 21:24
Jakarta: Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti menyayangkan kurikulum darurat yang baru saja dikeluarkan, hanya bersifat alternatif. Menurut dia, kurikulum darurat ini seharusnya bersifat wajib diterapkan semua sekolah.
 
"Sayangnya, Kemendikbud tidak tegas bahwa kurikulum dalam situasi darurat ini harus digunakan seluruh sekolah, tetapi menjadi kurikulum alternatif," ujar Retno melalui siaran pers, Jumat, 7 Agustus 2020.
 
Retno menegaskan, kurikulum darurat seharusnya dilaksanakan semua sekolah. Sebab, tidak boleh ada pelaksanaan kurikulum yang berbeda dalam satu tahun ajaran baru. Sebab, hal tersebut akan membingungkan guru dan sekolah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi ini, kata Retno, mengingatkan era Mendikbud Anies Baswedan yang punya dua kurikulum. Yakni Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
 
"Situasinya darurat, jadi untuk meringankan guru, siswa dan orang tua, maka kurikulum yang seharusnya diberlakukan adalah kurikulum dalam situasi darurat di seluruh Indonesia," tutur Retno.
 
Namun, kata Retno, KPAI mengapresiasi keluarnya kurikulum darurat atau kurikulum yang disederhanakan.
 
Baca:Kurikulum Darurat Diluncurkan, Ini Penjelasannya
 
Hari ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akhirnya meluncurkan kurikulum penyesuaian di masa pandemi virus korona (covid-19). Kurikulum ini diluncurkan agar sekolah bisa melakukan beberapa penyesuaian dalam memberikan pembelajaran kepada siswa.
 
"Kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus memberikan fleksibilitas bagi sekolah untuk memilih kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa," kata Mendikbud Nadiem Makarim, Jumat, 7 Agustus 2020
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif