Presiden Joko Widodo. Dokumentasi Medcom.id
Presiden Joko Widodo. Dokumentasi Medcom.id

Jokowi: Kolaborasi Harus Diperkuat Bangkitkan Industri Alkes Nasional

Pendidikan Virus Korona Riset dan Penelitian
Muhammad Syahrul Ramadhan • 20 Mei 2020 13:31
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyampaikan perlu adanya kolaborasi untuk membangkitkan industri alat kesehatan dalam negeri. Perayaan Hari Kebangkitan Nasional ini bisa menjadi momentum yang tepat.
 
"Kerjasama dan kolaborasi antar anak bangsa harus diperkuat, lembaga-lemabag Litbang (Penelitian dan Pengembangan), perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri, masyarakat, semuannya harus bekerjasama,” kata Jokowi dalam pelucuran Produk Inovasi Covid-19, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Jokowi mendorong untuk inovator produknya tidak hanya berhenti menjadi purwarupa, tapi juga bisa diproduksi massal, bahkan di eskpor hingga mancanegara. Ia berharap inovasi karya anak bangsa juga bisa direspons oleh industri dan dunia usaha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus memperbaiki ekosistem yang kondusif, ekosistem bagi tumbuh, berkembangnya inovasi, dan ekosistem industrialisasi, itu yang kami inginkan," ujarnya.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan sederet harapan itu membutuhkan dukungan masyarakat, dengan mencintai produk-produk dalam negeri. Mentalitas kecintaan akan produk karya anak bangsa memang harus kembali dibangun.
 
"Sudah saatnya masyarakat mulai mencitai produk-produk dalam negeri, dan kita harus bangga buatan Indonesia," tandasnya.
 
Hari ini presiden Jokowi meluncurkan 55 produk inovasi covid-19. Produk-produk tersebut merupakan hasil inovasi dari Konsorsium Inovasi dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi Badan Riset Inovasi Nasional (Ristek/BRIN).
 
Beberapa produk yang diluncurkan yakni alat kesehatan terkait penanganan covid-19 seperti rapid test, juga Polymerase Chain Reaction (PCR) tes, ventilator, dan imunomodulator. Selain itu, ada juga mobile Bio Safety Lab level 2 (BSL-2).
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif