NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto:  Medcom.id/M. Rizal
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/M. Rizal

Unesa, Kuliah Hingga UTS dan UAS Digelar Online

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 15 Maret 2020 22:20
Jakarta: Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bakal menggelar Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) secara daring atau online. Hal ini menyusul upaya pencegahan penyebaran virus korona (covid-19).
 
Kebijakan ini diambil guna mengurangi kegiatan yang bersifat tatap muka di lingkungan universitas. Tak hanya UTS dan UAS, pembelajaran juga bakal dilakukan secara online.
 
"Tatap muka, tugas terstruktur dan tugas mandiri dilaksanakan dengan e-learning, video learning, mailing, Whatsapp grup, line, Skype atau sejenisnya," kata Rektor Unesa, Nurhasan dalam surat edarannya, Sabtu 14 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khusus kegiatan pratikum dalam laboratorium, hingga bengkel sementara ditiadakan. Namun materi kuliah akan digantikan dengan tugas.
 
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk sementara waktu juga dihentikan. Nurhasan memberikan kompensasi agar kegiatan serupa KKN dan PKL untuk digantikan dalam bentuk lain.
 
"Bimbingan tugas akhir, skripsi dan tesis juga kita ubah secara online," tambah Nurhasan.
 
Lebih lanjut, pelaksanaan wisuda Unesa yang ke-97 juga ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Namun pihaknya memastikan ijazah wisudawan akan tetap diberikan.
 
"Pengambilan ijazah dimulai 6 April 2020," kata dia.
 
Untuk kegiatan seminar nasional, seminar internasional, kegiatan kemahasiswaan hingga upacara untuk sementara juga ditiadakan. Kunjungan maupun perjalanan, baik dalam dan luar negeri juga ditunda oleh Unesa.
 
Pengumpulan massa di Unesa juga terdampak kebijakan upaya pencegahan virus korona. Bahkan mahasiswa diimbau untuk keluar dari asrama dan pulang ke rumah masing-masing.
 
"Jadi saat ini yang ada di kampus hanya kegiatan layanan administrasi akademik, dan penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020-2021," terang Nurhasan.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif