Manajer Divisi Rekrutmen Bank Indonesia, Yustitia Asri Ertaningrum. DOK ITB
Manajer Divisi Rekrutmen Bank Indonesia, Yustitia Asri Ertaningrum. DOK ITB

Mau Bekerja di Bank Indonesia? Simak 4 Jalur Rekrutmen

Renatha Swasty • 24 Mei 2022 17:18
Jakarta: Bekerja di Bank Indonesia menjadi impian banyak orang. Namun, tidak mudah bekerja di kantor keuangan negara lantaran persaingan ketat. 
 
Sobat Medcom yang tertarik bekerja di Bank Indonesia mesti mempersiapkan diri sejak di bangku perkuliahan. Manajer Divisi Rekrutmen Bank Indonesia, Yustitia Asri Ertaningrum, membagikan cara meniti karier di Bank Indonesia. 
 
“Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki tujuan utama yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Bank Indonesia memiliki visi untuk menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata terhadap perekonomian nasional dan terbaik di antara negara emerging markets untuk Indonesia Maju,” kata Asri dalam Virtual ITB Integrated Career Days 2022 dikutip dari laman itb.ac.id, Selasa, 24 Mei 2022.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asri menjelaskan pilar utama tugas Bank Indonesia, yakni menjaga stabilitas moneter, menjaga stabilitas sistem pembayaran, dan menjaga stabilitas sistem keuangan. Bidang tugas di Bank Indonesia terbagi dalam lima bagian, yaitu manajemen intern, sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, stabilitas sistem keuangan, market, dan moneter.
 
Bank Indonesia juga memiliki budaya kerja yang tertuang pada Nilai-Nilai Strategis (NNS) Bank Indonesia. NNS Bank Indonesia terdiri dari lima nilai, yaitu professionalism yang berarti bekerja dengan bertanggung jawab atas dasar kompetensi terbaik. 
 
Kemudian, excellence yaitu upaya untuk melakukan usaha terbaik dan menciptakan nilai tambah saat bekerja, public interest yaitu mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Lalu, trust and integrity yaitu membangun kondisi saling menghormati dan coordination and team work yang berarti membangun sinergi yang berkesinambungan.
 
Lantas, bagaimana bergabung dan bekerja sebagai karyawan di Bank Indonesia? 
 
“Ada empat jalur rekrutmen yang dimiliki Bank Indonesia. Pertama ada jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM), general hire, contractual hire, dan multi-level entry/special hire,” kata Asri. 

Jalur PCPM

Jalur ini mirip dengan jalur Management Trainee yang ditujukan untuk menduduki kursi-kursi strategis di Bank Indonesia. Proses rekrutmen jalur PCPM diisi dengan serangkaian program eksplorasi, pengembangan kompetensi, dan branding.
 
Terdapat beberapa perbedaan ja;ur PCPM Bank Indonesia dengan jalur karier lain. “Jalur PCPM ini merupakan jalur karier segmen pimpinan yang menjadi jalur paling prestisius di Bank Indonesia. Sebanyak 5 dari 6 anggota dewan gubernur di Bank Indonesia merupakan alumni PCPM," beber Asri. 
 
Program PCPM ini dibuka melalui dua jalur, yaitu Program Open Recruitment yang dibuka mulai Agustus 2022 melalui rekrutmen di website resmi dan media sosial Bank Indonesia. Serta Targeted Recruitment yang dibuka khusus lulusan perguruan tinggi negeri yang bekerja sama dengan Bank Indonesia. Program ini dibuka pada Juni 2022.

Jalur General Hire

Jalur ini ditujukan untuk mengisi posisi bersifat administratif.

Jalur Contractual Hire

Jalur ini ditujukan untuk posisi project based dengan durasi masa kontrak maksimal 5 tahun.

Jalur Special Hire/Multi-level Entry

Jalur ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan SDM dengan pengalaman dan kompetensi tinggi di bidang yang spesifik.  Selain itu, Bank Indonesia juga membuka lowongan pada program Kampus Merdeka. 
 
Itulah empat cara untuk bisa bekerja di Bank Indonesia. Sobat Medcom tertatik bekerja di sini?
 
Baca: Komunikasi Jadi Kunci Keberhasilan di Lingkungan Kerja
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif