Ilustrasi kampus. Medcom.id
Ilustrasi kampus. Medcom.id

Fakultas Ilmu Olahraga Unesa Punya Segudang Pelatih dan Atlet Berprestasi

Renatha Swasty • 25 Februari 2022 09:59
Jakarta: Masyarakat Jawa Timur tentu sudah mengenal sepak terjang dan keterlibatan Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Khususnya meningkatkan prestasi olahraga Tanah Air.
 
Salah satu fakultas unggulan Unesa itu berhasil menyumbang puluhan medali untuk Jawa Timur baik pada PON XX Papua maupun Peparnas XVI. Hal ini tak lepas dari peran atlet dan pelatih.
 
Wakil Dekan Bidang Akademik Unesa Dwi Cahyo Kartiko mengajak siswa yang memiliki minat di bidang olahraga untuk masuk Unesa. Untuk bersama-sama menciptakan atlet berprestasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cahyo menuturkan FIO menaungi tiga program studi, yaitu:
  1. Prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)
  2. Prodi S-1 Ilmu Keolahragaan (IKOR)
  3. Prodi S-1 Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR).
Dia menuturkan meski FIO hanya memiliki tiga prodi, tetapi memiliki banyak mahasiswa atau atlet berprestasi dalam dunia olahraga.
 
“Kalau berkaca pada tahun sebelumnya, jumlah pendaftar di FIO termasuk banyak peminatnya,” ujar Cahyo dikutip dari laman unesa.ac.id, Jumat, 25 Februari 2022.
 
Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FIO Irmantara Subagio mengatakan prestasi yang diraih mahasiswa FIO Unesa beragam. Mulai dari prestasi bertaraf nasional hingga internasional. Bahkan, tidak sedikit memecahkan rekor.
 
“Dalam PON kontingen Jatim sudah didominasi mahasiswa Unesa. Sekitar 157 atlet dari total keseluruhan 500-an kontingen Jatim berasal dari Unesa. Prestasinya luar biasa. Salah satunya menjadi atlet dengan peraihan medali terbanyak dan mendapatkan medali emas. Selain itu, ada atlet yang ikut SEA Games juga mendapat medali emas,” beber dia.
 
Ketua Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Gigih Siantoro menyebut FIO memiliki sport sciences yang didukung dengan fasilitas-fasilitas berstandar internasional. Hal itu untuk menunjang mahasiswa meningkatkan kemampuan.
 
Dia mengatakan Unesa juga memiliki dosen-dosen berkompeten dalam bidangnya. Mereka terlibat menjadi pelatih dan aktif di berbagai federasi.
 
Salah satu fasilitas yang baru-baru ini dibangun dan sudah dibuka untuk umum yaitu driving range atau pusat latihan pukul golf yang berada di sisi utara lapangan Unesa Kampus Lidah Wetan. Pengendara dari Jalan Mayjen Yono Suwoyo menuju CitraLand bisa melihatnya di sisi kiri jalan setelah Hotel Unesa.
 
“Pak Rektor paham momentum dan peluang Unesa menuju PTN-BH, sehingga dibangunlah golf driving ini, bisa untuk civitas maupun umum,” kata Cahyo.
 
Baca: 10 Prodi di Program Vokasi UNESA, Jadi Percontohan di Kampus Lain
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif