Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kemendikbudristek Dinilai Perlu Tambah Sekolah Negeri di 2022

Pendidikan Sekolah Kebijakan pendidikan Program Pendidikan Digitalisasi Sekolah Sekolah Negeri Guru Swasta Kaleidoskop Pendidikan 2021
Ilham Pratama Putra • 30 Desember 2021 14:14
Jakarta: Pengamat pendidikan, Andreas Tambah menilai pemerintah harus menambah keberadaan sekolah negeri pada 2022. Sebab, jumlah sekolah negeri di Indonesia dinilai masih minim.
 
"Pemerintah perlu membangun fasilitas Pendidikan, jumlah sekolah negeri masih terlampau minim, baru 68,1 persen," kata dia kepada Medcom.id, Kamis, 30 Desember 2021.
 
Ia mengatakan, minimnya keberadaan sekolah negeri ini bakal berpengaruh terhadap Angka Partisipasi Kasar (APK) peserta didik. Sebab, ketika tak mendapat sekolah negeri, potensi putus sekolah kian besar karena masyarakat merasa berat untuk membayar sekolah swasta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini menimbulkan biaya atau beban bagi sebagian masyarakat," tutur Andreas.
 
Kemudian, Andreas juga mengingatkan tentang peningkatan akses digital untuk sekolah. Menurutnya digitalisasi sekolah harus diimbangi dengan akses signal yang mudah dijangkau.
 
"Dalam hal ini peserta didik perlu dilengkapi perangkat gadget untuk mempermudah belajar daring," jelasnya.
 
Baca: Mahasiswa, Ini Pengertian Seminar Proposal dan Pertanyaan yang Sering Muncul
 
Andreas pun berpendapat jika peningkatan akses itu dapat diprioritaskan pada warga pendidikan di daerah Tertinggal, Terluar dan Terdepan (3T). Menurutnya warga pendidikan di 3T adalah yang saat ini akses pendidikannya paling minim.
 
Kemudian, ia juga berharap pemerintah bisa menghilangkan kesenjangan antara sekolah negeri dan swasta. Para guru swasta juga perlu mendapat perhatian dari pemerintah, bukan hanya sekolah negeri.
 
"Guru swasta layak mendapatkan kesejahteraan dari pemerintah karena mereka juga garda terdepan untuk memajukan negara," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif