NEWSTICKER
Ruang Command Center Telkom University. Foto; Tel-U/Humas
Ruang Command Center Telkom University. Foto; Tel-U/Humas

Pertama di Indonesia, Telkom University Dilengkapi Command Center

Pendidikan beasiswa osc
Roni Kurniawan • 13 Januari 2020 12:11
Bandung: Memiliki luas area mencapai 50 hektare dengan jumlah mahasiswa mencapai 30ribu, menjadikan Telkom University dituntut melakukan pengawasan keamanan yang sangat baik. Terlebih 7.000 di antaranya merupakan mahasiswa yang menetap di asrama dan perlu pengawasan keamanan selama 24 jam/7 hari.
 
Guna mengatasi hal tersebut salah satu fasilitas yang baru diresmikan pertengahan 2019 lalu yaitu Command Center Telkom University. Fasilitas ini menjadi pusat keamanan kampus guna memantau seluruh aktivitas di Telkom University selama 24 jam penuh.
 
Fasilitas yang diresmikan langsung oleh Rektor Telkom University, Adiwijaya ini merupakan fasilitas keamanan kampus pertama yang ada di Indonesia. Bahkan layanan call center tersedia selama 24 jam dan telah terpasang 115 CCTV tersebar di seluruh area Tel-U.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Fasilitas keamanan ini kami sediakan guna menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi 30 ribu mahasiswa dan 1.000 dosen selama berkegiatan di kampus Telkom University," ujar Rektor Telkom University, Adiwijaya dalam keterangan resmi yang diterima Medcom.id, Senin, 13 Januari 2020.
 
Selain pengawasan CCTV, lanjut Adiwijaya, saat ini sudah tersebar lima tombol panik atau pertolongan disebut Panic Button di beberapa titik di Tel-U, dan layanan komunikasi dua arah baik itu telepon maupun pesan singkat.
 
Terdapat lima titik Panic Button di antaranya ada di danau Tel-U, Gedung Tokong Nanas, di antara Fakultas Komunikasi dan Bisnis serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Business Center dan Student Center. Apabila ada hal yang urgen dari sivitas akademika cukup menekan panic button dan nanti akan langsung terhubung dengan petugas melalui kamera yang terdapat di lokasi panic button.
 
"Selain itu juga bisa menghubungi command center melalui call center 0811 2296 100 bisa Whatsapp atau SMS," urainya.
 
Hadirnya fasilitas ini diakui Adiwijaya juga memberikan rasa tenang bagi para orang tua yang mempercayakan putra-putrinya untuk mengeyam pendidikan di Telkom University. Terlebih mahasiswa yang menuntut ilmu di universitas tersebut berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan tak sedikit Warga Negara Asing (WNA).
 
"Seperti kita tahu bahwa mahasiwa Tel-U berasal dari seluruh Indonesia bahkan dari luar Indonesia, oleh karena itu dengan hadirnya mereka di asrama Tel-U dan dengan fasilitas Command Center ini, diharapkan para orang tua bisa merasa tenang melepas putra-putrinya untuk menempuh pendidikan di sini (Telkom University)," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif