Mendikbud, Muhadjir Effendy.  Foto:  Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Mendikbud, Muhadjir Effendy. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Kompetisi Gala Siswa Indonesia Tingkat Nasional Dimulai

Pendidikan Prestasi Pelajar Gala Siswa Indonesia
Muhammad Syahrul Ramadhan • 08 Oktober 2019 19:54
Jakarta: KompetisiGala Siswa Indonesia (GSI) 2019 tingkat Nasional resmi bergulir. Kompetisi yang diikuti siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dari seluruh Indonesia ini ditandai dengan tendangan Kick off Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.
 
Pada laga perdana GSI tingkat nasional 2019 ini mempertemukan tim juara tahun 2018 Jawa Timur dengan tim asal Kepulauan Riau. Dalam Sambutannya Muhadjir mengatakan, anak-anak memanfaatkan ajang ini untuk meraih prestasi yang dibarengi dengan menjunjung tinggi sportivitas dalam berkompetisi.
 
"Pesan saya jaga sportivitas, junjung tinggi kejujuran, mainlah dengan cerdas," kata Muhadjir dalam sambutannya di Lapangan Soemantri, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa, 8 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Muhadjir juga memompa semangat para pemain untuk menampilkan permainan terbaiknya. Sehingga bisa menjadi juara dan bisa menerima hadiah yakni menimba ilmu berupa coaching clinic hingga ke luar negeri.
 
"Seperti tahun lalu, yang menjadi juara akan mendapatkan kesempatan untuk ke luar negeri. Untuk mengikuti coaching clinic. Latihan di beberapa klub terkenal. Baik Asia maupun Eropa," ujar Muhadjir.
 
Meski tak menyebut nama klubnya, Muhadjir memastikan tim dari Jepang dan Korea sudah siap memberikan pelatihan untuk para juara GSI 2019. "Kalau ingin kalian berangkat ke luar negeri pelatihan khusus di klub-klub terkenal, jadilah juara," kata Muhadjir.
 
Sebanyak 34 provinsi akan bertanding untuk memperebutkan juara nasional. Sebelum mereka masuk level nasional terlebih dahulu telah mengikuti seleksi GSI yang digelar mulai di tingkat kecamatan yang diikuti 2.511 tim, berlangsung pada 1 Februari-15 April 2019 yang lalu.
 
Selanjutnya seleksi tingkat kabupaten/kota diselenggarakan pada 1 April-30 Juli 2019, diikuti oleh 276 tim. Usai seleksi tingkat kabupaten/kota, kemudian dilaksanakan pertandingan tingkat provinsi, berlangsung pada 1-25 Agustus 2019.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif