Pemecahan rekor MURI di Masjid Al Mukarram Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah.  Foto: Kemenag/Dok. Humas
Pemecahan rekor MURI di Masjid Al Mukarram Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. Foto: Kemenag/Dok. Humas

Pelajar dan Guru Pecahkan MURI Penghafal Juz 30 Terbanyak

Pendidikan rekor muri
Muhammad Syahrul Ramadhan • 29 Oktober 2019 15:44
Jakarta:Sebanyak 7.260 pelajar dari berbagai tingkatan pendidikan dan guru, serta kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Kapuas pecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk penghafal juz 30 dengan jumlah terbanyak.
 
Pemecahan rekor MURI dilakukan sebelum pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Kapuas, Sabtu, 19 Oktober 2019 malam yang digelar di Masjid Al Mukarram Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah.
 
“Pemecahan rekor MURI ini sekaligus sebagai awal dimulainya program Tuntas Baca Tulis Alquran (TBTQ) di Kabupaten Kapuas,” ucap Bupati Kapuas Ben Brahim dalam siaran pers Kementerian Agama, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Kemenag Kapuas Ahmad Bahruni mengatakan, kegiatan ini bukan hanya untuk memecahkan rekor semata. Namun bagian dari dukungan jajaran Kemenag Kapuas untuk meningkatkan kualitas baca tulis Alquran di daerah itu.
 
“Membaca Alquran adalah ibadah dan akan membawa berkah. Ribuan pelajar dan guru madrasah ikut dalam kegiatan ini agar kehidupan kita semakin berkah dan bermanfaat,” harap Bahruni.
 
Sementara itu, Sekretaris LPTQ Kapuas Suwarno Muriyat mengatakan, pemecahan rekor Muri adalah bentuk apresiasi kemampuan pelajar dalam baca tulis Alquran. Kegiatan itu merupakan hasil kolaborasi pemerintah daerah dan Kementerian Agama.
 
“Ini titik awal pelaksanaan program tuntas baca tulis Alqurandi Kabupaten Kapuas,” terang Suwarno.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif