Direktur British Council Indonesia Paul Smith (kanan) bersama International Recruitment dan Partnership Officer Indonesia Alfin Fahdi dalam peluncuran Beasiswa Great 2020 Indonesia di British Council Jakarta (20/11). Foto: Medcom.id /Muhammad Syahrul Rama
Direktur British Council Indonesia Paul Smith (kanan) bersama International Recruitment dan Partnership Officer Indonesia Alfin Fahdi dalam peluncuran Beasiswa Great 2020 Indonesia di British Council Jakarta (20/11). Foto: Medcom.id /Muhammad Syahrul Rama

Beasiswa Great 2020 Tawarkan Kuliah Pascasarjana di Inggris

Pendidikan beasiswa beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 20 November 2019 19:36
Jakarta: British Council kembali meluncurkan Beasiswa Great untuk perkuliahan di 2020. Kali ini beasiswa tersebut ditawarkan untuk jenjang Pascasarjana, setelah pada tahun sebelumnya hanya diberikan untuk jenjang sarjana.
 
British Council, bersama dengan 12 universitas di Inggris, Rabu, 20 November 2019 meluncurkan Beasiswa Great 2020 Indonesia 'Study UK Discover You'. Terdapat 12 beasiswa yang ditawarkan, dengan total beasiswa untuk Indonesia senilai 130.000 poundsterling.
 
Nilai minimal setiap beasiswa adalah 10.000 poundsterling, khusus untuk University of Cambridge minimal sebesar 20.000 poundsterling. Beasiswa ini untuk membiayai perkuliahan di tahun akademik 2020/2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua belas universitas tersebut yakni University of Bradford, University of Bristol, University of Cambridge, University of Dundee, University of Glasgow, Imperial College London, University of Leeds, University of Nottingham, Nottingham Trent University, Sheffield Hallam University, University of Stirling dan University of York.
 
Direktur British Council Indonesia, Paul Smith menyampaikan, ini merupakan salah satu upaya untuk membantu pelajar Indonesia yang ingin lanjut studi ke Inggris. Dengan begitu, secara tidak langsung juga membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dengan studi di luar, sesuai dengan visi presiden Joko Widodo menuju SDM Unggul.
 
"Indonesia punya pemerintahan baru, menteri baru dan prioritas yang diusung oleh Presiden Jokowi meningkatkan sumber daya manusia. Pak Jokowi ingin perjalanan Indonesia ke depan sukses meningkatkan SDM. Mulai dari keterampilan, pengetahuan, dan kesempatan pendidikan," kata Paul dalam sambutannya di Kantor British Council Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu, 20 November 2019.
 
Marketing Officer Study UK Yuli Vega mengatakan, Beasiswa Great ini dapat membuka peluang sekaligus meningkatkan jumlah pelajar Indonesia yang studi ke Inggris, utamanya di 12 universitas dengan berbagai bidang studi. Di antaranya hukum, bisnis, seni dan desain, biologi, serta teknologi informasi (TI).
 
Vega menyebut, masing-masing universitas menawarkan satu beasiswa. "Memang kita membuka kesempatan pelajar Indonesia yang ingin studi ke Inggris tidak hanya Sarjana, tapi juga pascasarjana, ini menunjukkan Britania Raya terbuka untuk pelajar Indonesia. Tidak hanya Indonesia, pelajar internasional," jelasnya.
 
Syarat Beasiswa
 
Syarat untuk bisa mengikuti Beasiswa Great ini adalah Warga Negara Indonesia (WNI), sudah mempunyai gelar sarjana, sehingga bisa melamar program pascasarjana (nontesis) di universitas Inggris. Selain itu memiliki motivasi dan secara akademis mampu mengikuti perkuliahan pascasarjana di Inggris.
 
Kemudian aktif di lapangan dengan pengalaman kerja atau minat yang terbukti di bidang bersangkutan. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris yang berlaku di masing-masing universitas di Inggris.
 
"Persyaratan ini di masing-masing Universitas mempunyai standar yang berbeda," kata Vega.
 
Sementara untuk passing grade setiap Universitas juga berbeda. Untuk University of Glasgow misalnya, minimal IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), atau GPA (Grade Point Average) 3.5, seperti yang disampaikan oleh International Recruitment dan Partnership Officer Indonesia Alfin Fahdi yang hadir dalam peluncuran Great 2020 ini.
 
Alfin mengatakan, untuk standarnya GPA di University of Glasgow 3.0, tapi untuk beasiswa ini menjadi 3.5. Sementara untuk langkah pendaftaran, Vega menjelaskan, pertama harus berstatus WNI yang dibuktikan dengan memegang paspor Indonesia.
 
Setelah itu memastikan perkuliahan yang sudah didaftarkan atau yang sedang didaftarkan dimulai pada September 2020. Kedua, pelamar diminta menelusuri universitas yang tertera di bawah ini dan klik tautan yang disediakan untuk mengakses informasi lengkap tentang beasiswa yang ditawarkan.
 
Informasi lengkap terkait masing-masing perguruan tinggi ada di laman universitas masing-masing. Ketiga, calon pelamar diminta mendaftar beasiswa individu dengan mengikuti instruksi yang disediakan di situs laman beasiswa untuk tiap universitas.
 
Keempat, pelamar yang berhasil memperoleh beasiswa akan diumumkan oleh universitas yang bersangkutan mengenai hasil permohonan mereka. Kelima, pendanaan beasiswa akan diberikan kepada pelamar yang lolos oleh setiap universitas yang bersangkutan setelah pendaftaran.
 
Perhatikan tenggat waktu pendaftaran masing-masing Universitas sebagai berikut:
 

1. University of Bradford 31 Mei 2020
 
2. University of Bristol, 29 Maret 2020
 
3. University of Cambridge, 3 Desember 2019/ 7 Desember untuk beberapa program
 
4. University of Dundee, 1 Mei 2020
 
5. University of Glasgow, 30 April 2020
 
6. Imperial College London, 1 April 2020
 
7. University of Leeds, 10 Mei 2020
 
8. University of Nottingham, 10 April 2020
 
9. Nottingham Trent University, 13 Mei 2020
 
10. Sheffield Hallam University, 1 Mei 2020
 
11. University of Stirling, 31 Mei 2020
 
12. University of York, 30 April 2020
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif