Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bersama Menristekdikti Mohamad Nasir meresmikan Unperba dan Perputakaan Kalverd di Purbalingga, Jawa Tengah (Foto:Dok.DPR RI)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bersama Menristekdikti Mohamad Nasir meresmikan Unperba dan Perputakaan Kalverd di Purbalingga, Jawa Tengah (Foto:Dok.DPR RI)

Unperba Dilengkapi Perpustakaan Modern

Pendidikan berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 13 April 2019 09:59
Jakarta: Universitas Perwira Purbalingga (Unperba) merupakan perguruan tinggi baru di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Kampus yang baru diresmikan oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) itu dilengkapi fasilitas modern. Salah satunya, Perpustakaan Kalverd.
 
Perpustakaan Kalverd diresmikan bersamaan dengan pembukaan Unperba. Nama Kalverd diambil dari mendiang putra Harjono, sahabat Bamsoet. Kalverd meninggal saat menempuh pendidikan di Amerika pada Desember 2018.
 
"Perpustakaan Kalverd ditujukan sebagai perpustakaan modern yang memiliki ribuan buku pengetahuan dan memiliki akses digital tanpa batas ke perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi lainnya, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Juga akses ke berbagai pusat informasi lainnya di seluruh penjuru dunia," kata Bamsoet, dalam keterangan tertulis, Jumat, 12 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Legislator Partai Golkar Dapil VII Jawa Tengah itu menyebutkan, koleksi perpustakaan Kalverd terdiri atas berbagai koleksi terbitan, baik dari institusi pemerintah maupun swasta, perguruan tinggi, lembaga-lembaga, organisasi profesi, perusahaan hingga kelompok masyarakat.
 
"Koleksi terbitan berkala di perpustakaan internasional terdiri atas koleksi majalah terjilid. Ada juga koleksi referensi yang merupakan koleksi rujukan untuk mempelajari dengan cepat berbagai bidang ilmu, terdiri dari kamus, ensiklopedia, biografi, almanak, tahunan, direktori, handbook, dan lainnya. Tidak ketinggalan koleksi elektronik yang dikemas dalam bentuk digital," tutur Bamsoet.
 
Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini mengklaim, mutu perpustaan Kalverd bertaraf Internasional. Diharapkan perpustakaan Kalverd dapat menjadi inspirasi bagi perpustakaan-perpustakaan di Indonesia, sehingga mampu mewadahi iklim pendidikan tinggi yang berbasis riset dan sumber informasi.
 
"Perkembangan perpustakaan modern di negara-negara maju terjadi dengan sangat cepat. Sayangnya, penelitian tentang perpustakaan terutama berkaitan dengan ilmu pengetahuan masih sangat sedikit di Indonesia," kata Bamsoet.
 
Walau begitu, Bamsoet tetap optimistis. Dia mengajak seluruh pihak terkait, khususnya pustakawan, untuk mengembangkan potensi memajukan perpustakaan Indonesia.
 
"Eksistensi suatu perpustakaan akhirnya akan ditentukan oleh seberapa besar perpustakaan tersebut bermanfaat secara optimal dan benar-benar dirasakan oleh masyarakat luas. Khususnya bagi para mahasiswa dan generasi muda untuk menjadikan perpustakaan sebagai jendela dunia," tutur Bamsoet.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif