KH Ahmad Dahlan. DOK web muhammadiyah.or.id
KH Ahmad Dahlan. DOK web muhammadiyah.or.id

Menilik Kiprah Ahmad Dahlan dalam Dunia Pendidikan Indonesia

Renatha Swasty • 04 Mei 2023 17:43
Jakarta: Indonesia memiliki sejumlah tokoh yang turut berpengaruh dalam dunia pendidikan, salah satunya KH Ahmad Dahlan. Pria yang memiliki nama kecil Darwis ini lahir di Yogyakarta pada 1 Agustus 1868.
 
Dia merupakan tokoh bangsa yang peduli terhadap pendidikan bangsa Indonesia. Nah, masih dalam momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), yuk kenalan dengan KH Ahmad Dahlan dan kiprahnya dalam dunia pendidikan di Tanah Air dikutip dari laman Ditsmp Kemdikbud:

Pembaruan tujuan pendidikan

Ahmad Dahlan melakukan pembaharuan fundamental dalam bidang pendidikan, yakni tujuan pendidikan sebagai dasar filosofis yang menentukan sistem dan praktik pendidikan. Dia tidak menyebutkan eksplisit tujuan pendidikan, namun dari ungkapan–ungkapan yang disampaikannya dalam berbagai kesempatan dapat ditangkap maksud dari tujuan pendidikan yang ia inginkan.
 
Bagi Ahmad Dahlan, pendidikan tidak hanya sekadar alat mencetak sumber daya terampil dan menyiapkan masa depan mereka dalam kehidupan dunia sebagaimana tujuan pendidikan Belanda/Barat. Lebih dari itu, pendidikan merupakan alat dakwah amar makruf nahi munkar. Tujuan pendidikan tidak hanya berdimensi duniawi, tapi mencakup dimensi ukhrawi.

Pembaruan kurikulum dan metode pengajaran

Ahmad Dahlan melakukan pembaharuan dalam bidang kurikulum dan metode pendidikan. Pertama, dia memasukkan mata pelajaran umum ke dalam pendidikan lembaga pendidikan Islam. Kedua, Ahmad Dahlan mengajarkan pendidikan agama ekstra kurikuler di sekolah-sekolah Belanda.

Metode belajar yang diterapkan juga menggunakan sistem klasikal dengan materi belajar terstruktur sesuai dengan jenjang pendidikan masing-masing kelas. Ketiga, Ahmad Dahlan memberikan ceramah agama menjelang dimulainya rapat-rapat di Budi Utomo.
 
Ahmad Dahlan juga melakukan pembaruan metode pendidikan Islam. Dalam mengajarkan agama, Ahmad Dahlan membuka wawasan dengan metode tanya jawab dan kebebasan mengajukan pertanyaan. Pembaruan dua arah ini sangat berbeda dengan pendidikan tradisional yang hanya satu arah.

Pembaruan kelembagaan dan sarana prasarana

Terobosan Ahmad Dahlan tidak hanya berhenti pada substansi pengajaran. Dia juga mengangkat citra pendidikan Islam dari yang tadinya bersifat non formal menjadi sekolah formal.
 
Secara kelembagaan, kini sekolah Islam telah setara dengan sekolah-sekolah Belanda. Ahmad Dahlan telah berhasil meletakkan landasan lahirnya pendidikan modern.
Sistem sekolah Islam dan madrasah yang sekarang ini merupakan model lembaga pendidikan Islam yang paling dominan yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari sistem sekolah dan madrasah yang dikembangkan oleh Ahmad Dahlan.
 
Dalam bidang sarana prasarana, Ahmad Dahlan juga mencontek pendidikan Barat. Dulu, pendidikan Islam di pesantren diselenggarakan apa adanya dengan duduk lesehan, namun Ahmad Dahlan membuatnya berbeda.
 
Dia membuat ruang kelas lengkap dengan bangku, meja tulis, dan papan tulis, persis seperti sekolah Belanda. Demi memenuhi sarana pendidikan tersebut, Ahmad Dahlan menjual perabotan rumahnya dan mengerjakan sendiri pembuatan mebel dibantu muridnya.

Pendidikan lintas iman

Sumbangan pendidikan Ahmad Dahlan yang sangat penting adalah pendidikan antar iman. Sebagaimana dijelaskan Kyai Sudja (2009), Ahmad Dahlan mengizinkan murid-murid OSVIA Magelang yang beragama Kristen mengikuti pendidikan agama Islam ekstrakurikuler yang diselenggarakannya.
 
Hal ini merupakan terobosan baru. Ahmad Dahlan memberikan kesempatan kepada siswa non-Muslim  mengenal Islam tidak hanya dari interaksinya dengan Muslim tetapi dari isi ajarannya.
 
Ahmad Dahlan adalah seorang yang berkepribadian terbuka. Persahabatannya tidak terbatas dengan kalangan Muslim saja tetapi juga dengan misionaris dan zending.
 
Dia juga beberapa kali melakukan perdebatan dengan mereka, tetapi persahabatannya dengan tokoh agama nasrani tetap terbina dengan dengan baik. Tanpa merasa canggung Ahmad dahlan berkunjung ke gereja dengan tetap menggunakan sorban.
 
Itulah hal-hal yang dilakukan Ahmad Dahlan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Semoga bisa menjadi semangat kita lebih memakukan pendidikan.
 
Baca juga: Nadiem: Kita Sudah Membuat Sejarah dengan Merdeka Belajar

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(REN)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan