Sekolah <i>Sharing</i> Komputer untuk Sukseskan UNBK
Sejumlah siswa mengikuti UNBK di SMP Santo Tarcisius di Dumai, Riau, Rabu, 3 Mei 2017, Ant - Aswaddy Hamid
Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yakin penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di seluruh daerah tidak akan mengalami kendala berarti. Sebab upaya pemerintah untuk menggenjot UNBK di setiap satuan pendidikan telah terencana dengan baik.

Kata Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud Purwadi Sutanto, salah satu rencana penyelenggaraan UNBK adalah dengan mengatur jadwal pelaksanaan di jenjang SMK, SMA/MA, dan SMP/MTs. Hal tersebut agar setiap satuan pendidikan bisa saling membagi penggunaan sumber daya (resource sharing) komputer.


"Penyelenggaraan UNBK itu kan resource sharing, makanya jadwalnya itu yang pertama kali adalah SMK baru kemudian SMA dan SMP. Supaya kalau SMK (menyelenggarakan UNBK), maka dia bisa menggunakan punyanya (komputer milik) SMA dan SMP," ungkap Purwadi kepada Medcom.id, Jakarta, Rabu, 21 Maret 2018.

Pun sebaliknya ketika SMA menyelenggarakan UNBK, maka mereka akan menggunakan komputer milik SMK dan SMP. Ketika SMP melaksanakan UNBK, mereka juga bisa menggunakan komputer milik SMA dan SMK.

Maka itu jadwal pelaksanaan UN untuk jenjang SMK digelar pada 2-5 April 2018. Sementara UN untuk jenjang SMA dan MA dilaksanakan pada 9-12 April 2018. Sedangkan untuk peserta didik SMP dan MTs, penyelenggaraan UN dilaksanakan pada 23-26 April 2018.

Selain itu, lanjut Purwadi, pihaknya juga telah mengujicobakan (try out) UNBK di semua jenjang satuan pendidikan. Hal ini demi mempersiapkan kondisi dan mental peserta didik dalam menghadapi UNBK.

"Kita sudah mencoba supaya nanti pada waktu UNBK itu mereka tidak gagap. Dan ini sudah jalan dengan baik," tegasnya.

Sedangkan soal jaringan, jelas Purwadi, pihaknya akan mendistribusikan soal dua hari sebelum pelaksanaan UN. Sehingga setiap sekolah punya waktu dua hari untuk mengunduh soal-soal UN tersebut.

"Nanti begitu dua hari sebelum ujian dimulai, soal itu baru bisa diunduh. Sehingga (sekolah) punya waktu untuk mengamankan jaringan," tutup Purwadi.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id