Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Sejarah Sumpah Pemuda, Nadiem: Bukti Perubahan Resah Jadi Solusi

Pendidikan Sumpah Pemuda kepemudaan generasi milenial
Ilham Pratama Putra • 28 Oktober 2020 14:26
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengajak generasi muda untuk menjadikan peringatan Sumpah Pemuda sebagai refleksi pergerakan. Dia menyebut 92 tahun lalu, para pemuda membuat sumpah untuk merubah Indonesia ke arah yang lebih baik.
 
"28 Oktober 1928 membuktikan bahwa kaum muda mampu mengubah resah menjadi jalan keluar, mampu menjadi motor pergerakan menuju kemajuan," kata Nadiem dalam unggahan akun instagram pribadinya, Rabu 28 Oktober 2020.
 
Dia mengakui bahwa Indonesia, dari masa ke masa selalu menghadapi berbagai keresahan. Jika puluhan tahun lalu Indonesia mesti bersatu untuk kemerdekaan, saat ini pemuda harus bersatu menghadapi krisis kesehatan, ekonomi, hingga pendidikan akibat pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hari ini tidak dapat dipungkiri, kita bergelut dengan keresahan yang begitu pelik, sudah lebih dari tujuh bulan Indonesia dan dunia berjibaku melawan covid-19, seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali, mengalami masa yang sulit," ujarnya.
 
Namun, menurut dia keresahan yang timbul akibat pademi harus ditmeukan solusinya. Nadiem meminta pemuda untuk memiliki semangat yang sama seperti pemuda zaman penjajahan.
 
"Untuk bangkit bersama, mari nyalakan lagi semangat dari kongres pemuda 1928, kita jawab keresahan dengan solusi," terang Nadiem.
 
Baca:Nadiem Dorong Pemuda Jadi Motor Perubahan
 
Pandemi bukan malah membuat pemuda jadi malas belajar. Pemuda diminta untuk menguatkan mental sembari membangun karakter.
 
Harapannya agar pemuda dapat bangkit dan menciptakan inovasi di tengah keterbatasan. Pasalnya, di zaman penjajahan pemuda Indonesia tetap mampu melakukan terobosan-terobosan demi kemajuan bangsa.
 
"Ingat, 92 tahun yang lalu secarik kertaslah yang menjadi penyulut mengubah nasib, hal yang sederhana tapi mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dalam hal ini menciptakan terobosan melalui inovasi pun demikian, inovasi bukan semata bicara hasil tapi sebuah rangkaian proses yang dapat dimulai dari gagasan sekecil apa pun," ungkap dia.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif