Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

Tiada Syarat Lama Pengabdian dalam Seleksi Guru PPPK

Pendidikan Kesejahteraan Guru Bantuan Pendidikan Guru Honorer Anggaran Pendidikan Nadiem Makarim
Ilham Pratama Putra • 26 November 2020 15:55
Jakarta: Pemerintah membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru honorer di seluruh Indonesia. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Iwan Syahril menyampaikan dalam seleksi ini rentang usia dibuka selebar mungkin tanpa memperhitungkan lamanya pengabdian guru.
 
"Batasan usia itu dari 20 sampai 59 tahun itu boleh ikut seleksi. Tidak ada syarat lama pengabdian," kata Iwan dalam bincang Pendidikan dan Kebudayaan secara daring, Kamis 26 November 2020.
 
Menurutnya bentuk seleksi ini sangat demokratis. Sehingga seleksi bisa diikuti oleh seluruh guru honorer

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan begitu, selama data guru tersebut ada di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) guru honorer dapat melakukan pendaftaran. Pihaknya tidak ingin mempersulit proses perekrutan guu honorer.
 
"Syarat itu tentunya terdaftar di Dapodik ya, selama teman-teman guru yang mengajar ada di dapodik, tidak ada syarat pengabdian dan itu berhak mengikuti seleksi PPPK tahun depan, tentu juga ada seleksi administrasi dan kompetensi," tambahnya.
 
Baca: PGRI: Jangan Ada 'Guru Honorer Siluman' Lolos Seleksi PPPK
 
Seleksi dilakukan pada 2021 membuka formasi hingga satu juta guru. Rekrutmen ini dibuka untuk guru honorer yang telah terdaftar di Dapodik dan juga lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang saat ini tidak mengajar.
 
Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa semua guru honorer diperbolehkan untuk mendaftar apabila telah memenuhi syarat. Bahkan satu orang guru honorer diberikan kesempatan hingga tiga kali agar bisa lolos menjadi PPPK.
 
"Jadi kalau dia gagal pada kesempatan yang pertama dia dapat belajar lagi, belajar ulang dan mengulang ujian hingga dua kali lagi. Jadi total itu bisa mengambil tiga kali tes tersebut," terang Nadiem dalam siaran Youtube Kemendikbud, Pengumuman Seleksi Guru PPPK tahun 2021, Senin 23 November 2020.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif