CEO Media Group Mirdal Akib dalam Media Group News Summit. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
CEO Media Group Mirdal Akib dalam Media Group News Summit. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

SDA Berlimpah Tak Jamin Negara Jadi Maju, Kuncinya Pengembangan SDM

Pendidikan Media Group Kualitas SDM Media Group News Summit Indonesia 2021 Media Group News
Ilham Pratama Putra • 28 Januari 2022 16:24
Jakarta: CEO Media Group Mirdal Akib menyatakan Sumber Daya Alam (SDA) melimpah bukan jaminan membawa sebuah negara menjadi maju. Ini bisa dibaca dari perkembangan berbagai negara di Afrika yang memiliki SDA yang berlimpah.
 
"Sebaliknya, kita melihat negara tidak punya SDA dia lebih sejahtera, adil pada hari ini. Seperti Jepang, Taiwan. Mereka kalau kita lihat punya restorasi dan demografi beberapa tahun lalu memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk bangkit," kata Mirdal dalam Media Group News Summit, Jumat, 28 Januari 2022.
 
Ia berharap Indonesia mampu belajar dari negara yang minim akan SDA tersebut, namun berhasil jadi negara maju. Terlebih, Indonesia akan menghadapi kondisi bonus demografi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kondisi tersebut, kata Mirdal, Indonesia bakal kebanjiran SDM usia produktif. Dengan begitu, diperlukan upaya agar SDM berlimpah tersebut dapat bermanfaat bagi kemajuan bangsa.
 
Baca: Pelajar Harus Jadi Prioritas dalam Pengembangan SDM
 
Mirdal menyatakan memang negara Indonesia juga memiliki SDA berlimbah. Tapi, saat ini pengembangan negara harus berlandaskan kekuatan SDM.
 
"Ketika kita membahas SDA kita tapi kita tidak boleh terlena. Sampai hari ini SDA semakin menipis, harus ada switch SDA dengan SDM," tuturnya.
 
Menurutnya, apa yang dialami Indonesia hari ini, sama persis apa yang dialami Jepang pada 1948. Jepang mengalami bonus demografi dan berhasil memanfaatkannya.
 
"Dan saat ini, negara yang punya bonus demografi tidak banyak salah satunya Indonesia. Ini harus kita manfaatkan pada siklus kita di tahun 2045, 100 tahun Indonesia merdeka, anak-anak kita yang hari ini sedang berkuliah menjadi generasi yang mampu menjadi pemimpin Indonesia emas," ujarnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif