Ketua Forum Rektor Indonesia, Arif Satria. Foto: Dok. IPB
Ketua Forum Rektor Indonesia, Arif Satria. Foto: Dok. IPB

FRI: Kampus dan Pemda Harus Buat Protokol Kesehatan Baru

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi Pembelajaran Daring
Ilham Pratama Putra • 24 November 2020 16:42
Jakarta: Pemerintah Melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri memberi izin untuk sekolah mengadakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai Januari 2021. Hal itu juga berlaku bagi perguruan tinggi.
 
Lewat SKB itu, pemerintah pusat menyerahkan izin membuka sekolah kepada Pemerintah Daerah (Pemda).  Artinya, Pemda bakal bertanggung jawab betul atas kesiapan satuan pendidikan yang akan membuka PTM di wilayahnya.
 
Untuk itu Ketua Forum Rektor Indonesia, Arif Satria ingin perguruan tinggi berkoordinasi dengan Pemda setempat jika ingin menjalankan SKB 4 Menteri tersebut. Bahkan menurut Arif, bukan tidak mungkin akan diperlukan sebuah protokol kesehatan (prokes) baru yang harus disiapkan menyambut pembukaan kampus untuk kuliah tatap muka itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tiap kampus mesti mengkaji bersama Pemda tentang kemungkinan kuliah tatap muka  dan menyiapkan protokol kesehatan baru," terang Arif kepada Medcom.id, Selasa, 24 November 2020.
 
Protokol kesehatan baru ini harus dibuat karena kondisi wilayah di setiap kampus dan wilayahnya berbeda-beda. Begitu pula dengan tingkat penularan covid-19 di setiap wilayah pun pasti berbeda.
 
"Untuk itulah kajian kampus bersama dengan Pemda diperlukan," tegas Arif.
 
Baca juga:  Menolak Tatap Muka, Orang Tua Minta PJJ Tetap Dilayani
 
Kemudian Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) itu juga mengingatkan kampus agar membuka kuliah tatap muka secara bertahap. Misalnya ada prioritas program studi tertentu yang didahulukan untuk kuliah tatap muka.
 
"Sebaiknya dilakukan secara bertahap sesuai dengam prioritas. Seperti prodi yang memerlukan banyak praktikum laboratorium," tegas Arif.
 
Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah membuat aturan untuk pembukaan sekolah guna Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Januari 2021. Namun untuk Perguruan Tinggi, Nadiem menyebut masih akan menunggu peraturan lebih lanjut yang akan diberitahukan Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti), Nizam.
 
Untuk itu Nadiem meminta para dosen dan mahasiswa bersabar. Yang jelas, kampus juga akan diperbolehkan untuk melakukan PTM.
 
"Bagi teman-teman dosen dan mahasiswa jangan cemas bahwa ini bukan hanya untuk sekolah tapi juga untuk perguruan tinggi, tetapi protokol kesehatan dan daftar kesiapannya akan diatur Dirjen Dikti dalam waktu dekat," ujar Nadiem dalam konferensi pers virtual Pengumuman Penyelenggaraan Pembelajaran Semester Genap TA 2020/2021 di masa Pandemi Covid-19, Jumat 20 November 2020..
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif