Ilustrasi Unpad. DOK Unpad
Ilustrasi Unpad. DOK Unpad

Unpad Orientation, Pembekalan untuk Mahasiswa Baru Berisi Banyak Acara Menarik

Renatha Swasty • 10 Agustus 2022 13:26
Jakarta: Universitas Padjadjaran (Unpad) akan menggelar Unpad Orientation untuk mahasiswa baru angkatan 2022 di seluruh jenjang. Acara digelar hybrid dari Kampus Unpad Jatinangor pada 11-19 Agustus 2022.
 
Kegiatan ini bertujuan membekali pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang dibutuhkan mahasiswa baru Unpad. Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad Mohamad Fahmi mengatakan Unpad Orientation penting diikuti mahasiswa baru Unpad untuk mempersiapkan diri sebelum kuliah.
 
Dia menuturkan di acara itu, mahasiswa baru dapat mencetak kartu ATM, mengambil kelengkapan mahasiswa, dan mendapat banyak informasi penting sebagai bekal menjadi mahasiswa baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mudah-mudahan penyelenggaraan ataupun fasilitas yang kita berikan itu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Fahmi dalam Talkshow Adaptasi Mahasiswa Baru Unpad (AMBU) dikutip dari laman unpad.ac.id, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Fahmi menuturkan khusus pencetakan KTM dan mengambil kelengkapan lainnya, mahasiswa baru mesti melakukan registrasi online. Mahasiswa dapat register di laman students.unpad.ac.id/peserta.
 
“Di situ nanti mahasiswa baru bisa memilih waktunya antara tanggal 11 sampai tanggal 19. Bisa memilih jadwal paling pas,” kata Fahmi.
 
Dia menyebut mahasiswa juga dapat mengikuti sejumlah seminar dengan berbagai topik yang ditawarkan. Di antaranya cara belajar di perguruan tinggi, akomodasi mahasiswa di kampus Jatinangor, pengenalan fasilitas dan layanan di Unpad, hingga cara mengelola keuangan bagi mahasiswa.
 
Selain itu, akan ada sejumlah gerai atau booth yang menawarkan informasi kemahasiswaan, cendera mata, dan makanan. Fahmi mengatakan untuk menghadiri Unpad Orientation, mahasiswa perlu masuk melalui aplikasi PeduliLindungi.
 
Mahasiswa dapat mengikuti seminar daring dan mengambil KTM serta kelengkapan di lain waktu bila  sedang tidak sehat. Meski diutamakan untuk mahasiswa baru, Fahmi mengatakan acara ini juga terbuka untuk mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang memerlukan informasi tersebut.
 
“Walaupun tujuannya untuk mahasiswa baru, tapi mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 bisa hadir,” kata Fahmi.
 
Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam mengatakan setelah Unpad Orientation, mahasiswa baru perlu memperhatikan jadwal penting. Seperti PMB dan Open House tingkat universitas pada 22-24 Agustus 2022, PMB Fakultas dan Prodi pada 25-27 Agustus 2022, dan masuk perkuliahan 29 Agustus 2022.
 
Baca juga: Unpad Kedatangan 254 Mahsiswa dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif