Ilustrasi. Foto: Pexels
Ilustrasi. Foto: Pexels

Mengenal Kepribadian Melankolis, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Putri Purnama Sari • 24 November 2022 13:14
Setiap individu memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Secara umum, terdapat empat tipe kepribadian yang dibedakan oleh watak, salah satunya adalah melankolis.
 
Claudius Galen, seorang dokter atau tabib dari jaman Yunani Kuno membagi kepribadian manusia menjadi empat jenis, yaitu sanguinis, melankolis, kholerik, dan phlegmatis.
 
Menurut kamus Bahasa Inggris Oxford Dictionaries, kata melankolis atau melancholy berarti memiliki rasa kesedihan atau suka termenung. Orang dengan kepribadian melankolis menurut Galen memang memiliki sifat yang tertutup dan serius.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melankolis adalah seseorang yang serius dan juga tertutup, namun disisi lain juga cerdas serta bisa berpikir kritis dalam menghadapi berbagai masalah dan juga situasi. Mereka dapat mengerjakan suatu hal dengan jauh dan juga sikap yang tekun dibandingkan tipe lainnya.
 
Baca: Kepribadian Introvert, Ekstrovert, Ambivert, Apa Bedanya?
 

Sifat dan Ciri-ciri Kepribadian Melankolis

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah Sifat dan Ciri-ciri Kepribadian Melankolis:

1. Perfeksionis

Orang dengan tipe melankolis selalu berpikir bahwa mereka harus mengerjakan berbagai hal dengan sebaik-baiknya. Tidak dilakukan dengan asal-asalan meskipun hal tersebut sebenarnya tidak penting atau hal remeh yang bisa dikerjakan dengan santai.

2. Suka beranalisis

Orang melankolis merupakan tipe dengan kepribadian yang penuh pikiran dan senang menganalisa. Mereka selalu melakukan analisis secara mendalam terhadap suatu tugas ataupun kegiatan dan pekerjaan. Mereka akan merinci terlebih dahulu tahapan dari awal bagaimana pekerjaan itu dilakukan serta resiko yang mungkin menghampiri. Karena hal inilah mereka bekerja dengan penuh kehati-hatian.

3. Nyaman bekerja sendiri

Seorang melankolis akan menetapkan standar yang sangat tinggi terhadap suatu hal yang mereka anggap milik mereka. Seringkali orang melankolis sulit mempercayakan berbagai hal yang mereka kerjakan pada orang lain. Sehingga mereka cenderung untuk memilih menyelesaikan segala hal sendiri dibandingkan harus merasa tidak puas dengan hasil kerja orang lain.

4. Setia

Melankolis dikenal dengan kepribadian yang paling setia, seorang melankolis akan menghargai dan akan terus menjaga hubungan dengan anggota keluarga, sahabat, teman, rekan kerja, pasangan, dan semua orang yang dicintai.
 
Bila seorang melankolis sudah memiliki hubungan yang erat dengan seseorang, maka kesetiaannya mungkin bisa bertahan seumur hidup. Mereka juga cepat membuat janji, komitmen, dan memberikan bukti untuk membuat orang yang yang ia percaya selalu bersamanya. Mereka juga konsisten menjaga kualitas hubungan secara emosional.

5. Sabar

Seorang melankolis bisa sangat sabar dan bisa mengontrol emosi dalam berbagai situasi. Misalnya untuk menanggapi orang lain yang sangat mengganggu, menunggu antrian panjang, atau menghadapi masalah yang bertubi-tubi. Mereka seperti memiliki kekuatan untuk tetap mengontrol diri dan berpikir dengan tenang.

6. Kreatif

orang dengan kepribadian melankolis menjadi seniman hebat, penulis, musisi, pelukis, pencipta, dan profesi lain dengan kemampuan kreativitas tinggi. Mereka cerdas untuk memecahkan masalah dengan cara atau karya kreatif. Seorang melancholic hampir tidak bisa menunjukkan ekspresi secara verbal, sehingga mereka akan menunjukkan kepedulian dan rasa cinta dengan cara inovatif dan kreatif. Mereka juga seorang pemikir di luar kotak.

7. Senang dibalik layar

Seorang melankolis tidak senang publikasi dan juga perhatian. Bagi orang melankolis dalam bekerja yang penting adalah caranya. Ketika mereka berhasil, maka mereka akan membawa kesenangan tersebut untuk diri sendiri bukan untuk publikasi.
Kepribadian ini cocok bekerja dibalik layar, dimana mereka bekerja sebagai konseptor dan mematangkan apa yang harus dijalankan. Sehingga jika mereka mendapatkan pekerjaan di balik layar tanpa harus menarik perhatian, orang melankolis cenderung akan senang.
 

Kelebihan dan kekurangan tipe kepribadian Melankolis

Kelebihan:

  • Analitis.
  • Serius dan juga tekun.
  • Cenderung memiliki pemikiran yang jenius.
  • Mendalam dan penuh pikiran.
  • Filosofis dan juga puitis.
  • Penuh kesadaran serta idealis dan menghargai hal-hal mengenai keindahan.
  • Cenderung perasa atau tersinggung dan senang berkorban.

Kekurangan:

  • Tertekan.
  • Menghabiskan waktu.
  • Sulit bersosialisasi.
  • Pesimis dan Curiga Rasa curiga.
  • Tak Mudah Disenangkan.
  • Tidak Mau Disalahkan.

 
(WAN)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif