Ilustrasi - Medcom.id
Ilustrasi - Medcom.id

Literasi Jadi Program Pengentasan Kemiskinan Pemerintah di 2019

Pendidikan minat baca
Husen Miftahudin • 20 Februari 2018 18:47
Jakarta: Pemerintah tengah menyusun program priorias untuk 2019. Ada lima prioritas nasional, salah satunya pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan pelayanan sosial dasar.
 
Dinukil dari Antara, Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas Amich Alhumami menjelaskan program percepatan pengurangan kemiskinan, salah satunya lewat penguatan literasi untuk kesejahteraan.
 
"Literasi penting, selama ini dipahami supaya menumbuhkan budaya membaca saja. Kita ingin memberi pemaknaan yang luas apa itu literasi, yaitu melalui gerakan literasi masyarakat memperoleh manfaat dan meningkatkan daya saing ekonomi," ujar Amich di Jakarta, Selasa, 20 Februari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, pengertian literasi lebih dari sekadar kemampuan membaca dan menulis. Literasi yang dimaksud adalah bentuk kecerdasan kognitif hasil dari proses pendidikan yang panjang hingga akhirnya mampu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.
 
Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando menyatakan perpustakaan bakal mentransformasi layanan berbasis inklusi sosial. "Transformasi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat," terang dia.
 
Inklusi sosial adalah pendekatan berbasis sistem sosial yang memandang perpustakaan sebagai sub sistem sosial dalam sistem kemasyarakatan. "Untuk itu perpustakaan harus dirancang agar memiliki manfaat yang tinggi di masyarakat," tambah dia.
 
Untuk itu Perpusnas bakal bekerja sama dengan Kementerian PPN/Bappenas dan PerpuSeru akan menyelenggarakan seminar nasional Literasi dan Pembangunan Sosial Ekonomi pada Selasa 27 Februari 2018. Kegiatan tersebut akan digelar di Ruang Djunaedi Hadisumarto Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta.
 
(HUS)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif