Kampus UNS.  Foto: UNS/Humas
Kampus UNS. Foto: UNS/Humas

UNS: Penerapan Kampus Merdeka Mampu Dongkrak Kualitas Mahasiswa

Pendidikan Pendidikan Tinggi Kampus Merdeka Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 31 Agustus 2020 15:17
Jakarta: Kualitas di pendidikan tinggi kini sangat ditentukan diimplementasikannya program Kampus Merdeka yang menjadi bagian dari program Merdeka Belajar. Salah satunya dengan pemberian hak belajar tiga semester di luar program studi (prodi) untuk mahasiswa.
 
“Misalnya mencoba prodi lain yang relevan di perguruan tinggi yang sama. Mahasiswa dapat meningkatkan soft skills yang optimal selaras dengan kebutuhan zaman,” ujar Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Jamal Wiwoho dalam Kuliah Perdana UNS, Senin, 31 Agustus 2020.
 
Misalnya mahasiswa prodi Hubungan Internasional UNS, dapat belajar juga di prodi Hukum UNS. Maka dia dapat melakukan elaborasi dan melengkapi pengetahuannya dari dua prodi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, ada pula hak belajar pada prodi yang sama di luar universitas. Misalnya Seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UNS mengajukan belajar di Fisip Universitas Gadjah Mada (UGM).
 
“Dengan begitu dia akan mendapat banyak insight dari tempat belajar yang berbeda dan menambah wawasannya,” terang Jamal.
 
Baca juga:Semester Baru, UNS Lanjutkan Perkuliahan Daring
 
Selain itu, Kampus Merdeka juga mendorong mahasiswa untuk lebih memaksimalkan kegiatan praktik kerja lapangan ataupun magang. Bahan mahasiswa diberikan kesempatan magang selama satu semester penuh.
 
“Agar pembelajaran yang didapat itu bisa diimplementasikan dan lulusan bisa semakin relevan dengan kebutuhan dunia industri dan usaha,” ujar ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) itu.
 
Baca juga:Tiga Modal yang Harus Dimiliki Mahasiswa Abad 21
 
Dia berharap, dengan Kampus Merdeka, karakter mahasiswa dapat terbentuk lebih baik. Kualitas karakter yang mumpuni menjadi penentu bertahannya seorang mahasiswa dalam tuntutan zaman.
 
“Maka harus ada kualitas karakter, rasa ingin tahu, inisiatif, kegigihan menghadapi tantangan agar dia mampu beradaptasi,” tutup Jamal.
 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif