Kampus ITB.  Foto: ITB/Dok.Humas
Kampus ITB. Foto: ITB/Dok.Humas

Jalur Mandiri ITB Bisa Ajukan Keringanan UKT, Cek Syaratnya

Pendidikan Pendidikan Tinggi Jalur Mandiri Biaya Pendidikan
Citra Larasati • 05 September 2020 09:09
Jakarta: Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menerima sebanyak 1.513 mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri (SM) tahun akademik 2020/2021. Mahasiswa dari semua jalur masuk, baik Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berhak mendapatkan keringanan biaya pendidikan selama memenuhi persyaratan.
 
Salah satunya adalah dapat menggunakan Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) untuk mendapatkan UKT1 (UKT kategori terendah). "Bagi calon mahasiswa yang belum memiliki kartu KIP-K dan memenuhi syarat sebagai penerima KIP-K dipersilakan untuk mengajukan keringanan UKT," kata Direktur Kemahasiswaan ITB, Arief Prasetyo, dikutip dari laman ITB, Sabtu, 5 September 2020.
 
Sesuai Permendikbud No. 10 tahun 2020, syarat penerima KIP-K adalah pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp4 juta atau pendapatan kotor orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga yang sedang menempuh pendidikan maksimal Rp 750 ribu. "Mahasiswa pemegang KIP-K dan mahasiswa yang memenuhi syarat sebagai penerima KIP-K yang telah diverifikasi oleh ITB akan diberikan Pembebasan Dana Pengembangan Institusi dan diberikan UKT1 atau UKT2," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penerimaan mahasiswa baru ITB jalur mandiri 2020 diprogramkan oleh ITB sebagai program nonsubsidi. Namun, ITB secara mandiri dapat memberikan beasiswa UKT ITB kepada para calon mahasiswa baru ITB jalur penerimaan mandiri 2020.
 
Baca juga: Sembilan Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi THE 2021
 
Tapi mengingat jumlah beasiswa yang tersedia sangat terbatas, sehingga ITB pada tahun ini tidak memberikan keringanan terhadap Dana Pengembangan Institusi. Namun memberikan kesempatan untuk melakukan cicilan pembayaran UKT dan Sumbangan Pengembangan Institusi.

 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif