Rektor IPB, Arif Satria. Foto: IPB/Humas
Rektor IPB, Arif Satria. Foto: IPB/Humas

Rektor IPB Pidato di Kasetsart University Bangkok

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 04 Februari 2020 19:18
Jakarta: Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria didapuk untukmemberikan pidato pada Anniversary ke-77 Kasetsart University, Bangkok, Thailand. Arif menyampaikan tentang pentingnya peran perguruan tinggi dalam membangun jejaring dalam mewujudkan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau pembangunan berkelanjutan.
 
Ia menyebutkan, ada 546 penelitian yang dilakukan IPB pada 2018 menunjukkan dari 17 target SDGs ternyata 25% terbesar adalah mendorong pencapaian SDGs Nomor 2, yaitu mengakhiri kemiskinan dalam segala bentuknya.
 
“Kemudian diikuti oleh SDGs Nomor 3 sebesar 17% yang terkait dengan kesehatan, dan 16% penelitian mendukung SDGs Nomor 9 bidang industri, inovasi dan infrastruktur, " terang Arif dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Selasa, 4 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut Arif menyebutkan, bahwa pendidikan merupakan salah satu kendaraan yang secara nyata mampu mengatasi kemiskinan. Bentuk nyatanya sudah dilakukan IPB dengan berkomitmen terus memberi akses kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu agar kelak bisa meningkatkan kualitas ekonomi keluarganya.
 
“IPB University juga punya visi untuk melahirkan technopreneur dan sociopreneur secara sistematis sehingga lulusannya akan berperan secara nyata dalam penciptaan lapangan kerja dan secara nyata menuntaskan kemiskinan," kata Arif.
 
IPB sendiri telah memiliki SDGs Network, yang diluncurkan pada 2019 lalu dan kini sudah membuat Sustainability Report.“Ini adalah bentuk komitmen IPB University untuk mendukung pencapaian SDGs,” terangnya.
 
Melalui SDGs Network, IPB University mengundang dan mendampingi industri, NGO, dan pihak swasta untuk berjejaring mewujudkan SDGs dan memberikan laporan tentang langkah-langkah dan hasil yang telah dicapai.
 
Arif juga mengungkapakan masalah utama SDGs menurutnya adalah belum meratanya informasi SDGs kepada sejumlah pihak. Padahal banyak pihak yang secara tidak sadar sebenarnya telah melakukan isi SDGs tersebut.
 
"Tujuan SDGs adalah nilai-nilai universal yang memang diinginkan manusia dalam hidup dan kehidupannya," tutup Arif.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif