ketua MRPTNI, Jamal Wiwoho. Foto: Zoom
ketua MRPTNI, Jamal Wiwoho. Foto: Zoom

MRPTNI: 'Ospek' Mahasiswa Baru Bakal Digelar Daring

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru UTBK
Ilham Pratama Putra • 14 Agustus 2020 20:53
Jakarta: Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Jamal Wiwoho menyebut, masa pengenalan atau orientasi kampus bakal digelar secara daring. Hal ini dikarenakan Indonesia masih dalam masa darurat covid-19.
 
"Memberikan pembekalan, jadi kegiatan-kegiatan yang diberikan untuk memperkenalkan tata cara kehidupan kampus itu pun dilakukan daring," kata Jamal dalam Konferensi Pers Daring Pengumuman SBMPTN 2020, Jumat 14 Agustus 2020.
 
Menurutnya, mahasiswa baru sudah terbiasa dengan metode daring. Ia optimistis, pengenalan kampus dengan metode ini pun dinilai akan berjalan efektif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, terkait mulainya tahun ajaran baru, pihaknya maupun Direktorat Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak mengaturnya secara khusus. Perguruan tinggi memiliki kalender akademik masing-masing.
 
Baca juga:Kampus Diharapkan Gunakan Nilai UTBK untuk Seleksi Jalur Mandiri
 
"Tentu setiap perguruan tinggi punya kalender akademik masing-masing. Tapi kalau kita lihat khusus tahun ini nampaknya tidak bisa seperti tahun lalu," lanjut Jamal.
 
Yang jelas perkuliahan pada tahun ajaran baru nanti, tetap bakal digelar secara daring. Kesehatan dan keselamatan mahasiswa menjadi pertimbangan utamanya.
 
"Untuk perkuliahan semester depan kita sepakat untuk tetap daring. Sekali lagi ini demi keselamatan dan kesehatan adik-adik mahasiswa semua," ujar Dirjen Dikti Kemendikbud, Nizam.

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif