Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Optimalkan Panggung Daring, Pastikan Seniman Tetap 'Mentas'

Pendidikan kebudayaan Virus Korona
Ilham Pratama Putra • 07 April 2020 17:45
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus memperluas jaringan dan kolaborasi agar pentas seni dan budaya tetap mendapat wadah di tengah keterbatasan ruang pentas saat pandemi Virus Korona (covid-19). Tak berhenti dengan menyediakan laman YouTube "budayasaya", Kemendikbud juga turut menggandeng TVRI sebagai alternatif wadah pertunjukan seniman.
 
"Kemendikbud sedang menyiapkan untuk disiarkan melalui TVRI, intinya itu untuk mendidik dan sekaligus menghibur," kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid dalam konferensi video, Selasa 6 April 2020.
 
Hal ini dilakukan agar para seniman tidak kehilangan tempat untuk berekspresi. Berbagai wadah disiapkan agar ekosistem kebudayaan terus berjalan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Ratusan Pentas Kebudayaan Batal Imbas Pandemi Korona
 
Tak hanya itu, pihaknya juga bakal memberi tempat untuk pameran visual. Koleksi visual seperti yang biasa dinikmati di museum dan cagar budaya diupayakan akan terus dapat diakses.
 
"Kami akan tetap mempertahankan kegiatan yang ada, medianya saja yang beda, media daring," terangnya.
 
Agar semakin banyak pegiat seni yang terlibat dalam berbagai wadah, Hilmar akan semakin menggencarkan sosialisasi mereka. Unit Pelaksana Teknis (UPT) di daerah akan diberdayakan menjaring seniman tradional yang ada di daerah.
 
"Jadi semangatnya semakin banyak, semakin baik. Kita sangat mengharapkan kolaborasi dari semua pihak. Besok kita ketemu dengan UPT, mau kita turunkan di masing-masing pintu," terangnya.
 
Dia berharap metode perluasan wadah dan perluasan jaringan ini dapat membuka akses yang lebih luas, baik untuk pegiat seni maupun penikmat seni itu sendiri.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif