Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pembelajaran Jarak Jauh di Zona Merah Covid-19 Jalan Terus

Pendidikan Virus Korona sekolah
Ilham Pratama Putra • 28 Mei 2020 19:31
Jakarta: Plt. Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen Kemendikbud, Hamid Muhammad memastikan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih akan berlanjut saat Tahun Ajaran Baru 2020/2021 dimulai Juli mendatang. Terutama bagi sekolah yang berada di dalam wilayah zona merah dan kuning covid-19.
 
"Kemungkinan besar nanti sebagian daerah, sebagian besar sekolah itu akan tetap melakukan pembelajaran jarak jauh terutama untuk daerah zona merah dan kuning," ujar Hamid dalam Konferensi Video tentang Pelaksanaan PPDB 2020, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Baca juga:Kemendikbud: Tahun Ajaran Baru Dimulai 13 Juli

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara pembukaan sekolah atau kegiatan pembelajaran tatap muka secara langsung hanya akan digelar di kawasan zona hijau. Itupun masih harus mendapat persetujuan dari Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan.
 
Hamid mengungkapkan, saat ini ada 108 kabupaten yang menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 masuk dalam zona hijau karena belum ditemukan sama sekali kasus covid-19. "Nah zona hijau sekarang ini menurut ketetapan gugus tugas itu ada 108 kabupaten yang selama dua bulan terakhir belum ada satu pun kasus covid-19," sebut Hamid.
 
Sebelumnya, pihaknya juga telah memastikan jika 13 Juli 2020 akan menjadi awal tahun ajaran baru 2020/2021. Namun awal Tahun Ajaran baru ini tidak serta merta membuat kegiatan belajar tatap muka di sekolah kembali dibuka.
 
Hamid mengatakan hanya zona hijau yang dimungkinkan untuk menggelar pembelajaran tatap muka. Namun dia masih belum membeberkan syarat dan bagaimana protokol pembelajaran tatap muka di sekolah zona hijau tersebut.
 
"Tapi nanti penjelasan detailnya mohon bersabar menunggu minggu depan. Kemungkinan diumumkan sendiri oleh Pak Mendikbud (Nadiem Makarim) koordinasi dengan Gugas, jadi tiap daerah tidak bisa membuat keputusan sepihak," terang Hamid

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif