Diseminasi hasil kegiatan PPM UMB Tahun akademik 2019/2020. Foto: Dok Universitas Mercu Buana.
Diseminasi hasil kegiatan PPM UMB Tahun akademik 2019/2020. Foto: Dok Universitas Mercu Buana.

Diseminasi Hasil Kegiatan PPM, Wujud Nyata Tanggung Jawab Akademisi

Arga sumantri • 28 Agustus 2020 21:00
Jakarta: Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan diseminasi hasil kegiatan unit Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) tahun ajaran 2019/2020. Kegiatan yang digelar pada 25-26 Agustus 2020 itu diikuti perwakilan fakultas dan pascasarjana di lingkungan UMB.
 
Kepala Pusat Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Mercu Buana, Inge Hutagalung, menyatakan, acara ini merupakan ajang pembuktian karya para dosen dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi. Harapannya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di lingkungan UMB dapat meningkatkan pendapatan, pengetahuan, dan produksi. 
 
"Serta mendorong perubahan perilaku masyarakat ke arah yang positif terkait peningkatan mutu dan kelestarian lingkungan hidup," kata Inge melalui keterangan tertulis, Jumat, 28 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inge menambahkan, berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan nomor 29/E/KPT/ 2019 tanggal 27 September 2019 tentang Pemeringkatan Perguruan Tinggi berbasis Kinerja Pengabdian kepada masyarakat periode 2016-2018, Unit PPM UMB telah mendapatkan penilaian sangat bagus. Dengan penilaian ini, Unit PPM UMB menempati posisi 31 dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta seluruh Indonesia, dan posisi tujuh dari seluruh perguruan tinggi swasta seluruh Indonesia.
 
Baca: Output Perguruan Tinggi Harus Sesuai Kebutuhan Dunia Kerja
 
Untuk peningkatan publikasi pada taraf International, kata dia, Unit PPM Sejak 2018, UMB bekerja sama dengan empat unit PPM Universitas Budi Luhur, Universitas Bina Nusantara, Universitas Moestopo Beragama, dan Universitas Sahid, mengadakan International Conference on Community Development (ICCD). Ini merupakan konferensi internasional pertama di Indonesia terkait hasil pengabdian kepada masyarakat.
 
"ICCD merupakan seri konferensi internasional yang dilakukan secara rutin berkala setiap tahun," ujarnya.
 
Kepala Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat 1, Agus Ramdani, menegaskan manfaat kerja sama secara Pentahelix dengan Unit PPM UMB telah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar kampus. Ia berharap kerja sama ini dapat ditingkatkan dan tetap terbina dengan baik di masa mendatang. 
 
Agus menambahkan, dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini, Unit PPM UMB telah turut memberikan terobosan pemikiran akademik terkait penanganan masalah pendidikan yang dilakukan secara daring. Baik dari sisi metodologi pengajaran, maupun bentuk modul pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi para siswa. 
 
"Agar tetap dapat mengikuti proses pembelajaran dengan nyaman tanpa mengurangi mutu pendidikan," ujar Agus.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif